Mekanisme sistem pembayaran angsuran pada BMT Amanah Usaha Mulia”Magelang (studi kasus : angsuran pembiayaan akad mudharabah pada pedagang pasar Blabak Magelang)”

Fikri, Faisal (2020) Mekanisme sistem pembayaran angsuran pada BMT Amanah Usaha Mulia”Magelang (studi kasus : angsuran pembiayaan akad mudharabah pada pedagang pasar Blabak Magelang)”. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1705015076_FAISAL_FIKRI] Text (TUGAS_AKHIR_1705015076_FAISAL_FIKRI)
TUGAS_AKHIR_1705015076_FAISAL_FIKRI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

BMT Amaanah Usahaa Mullia Magelang AULIA adalah sebuah koperasi yang menjalankan usahanya”menggunakan prinsip syariah. BMT Amanah Usaha Mulia Magelang juga merupakan sebuah lembaga keuangan mikro yang menjalankan usahanya dengan cara menghimpun dana dalam bentuk tabungan serta menyalurkan dana dalam bentuk pembiayaan. BMT”Amanah Usaha Mulia yang menjalankaan usaha keuangan mikro sangat berhubungan dengan para mengusaha mikro lainnya. Usaha mikro yang ada disekitar kantor BMT Amanah Usaha Mulia adalah para pedagang yang ada di pasar Blabak. Sehingga BMT Amanah Usaha Mulia membuka pasar dengan menawarkan produk-produk yang ada di BMT Amanah Usaha Mulia yaitu produk tabungan dan produk pembiayaan. Para pelaku usaha yang ada di pasar Blabak membutuhkan jasa BMT Amanah Usaha Mulia untuk menabung serta untuk menambah modal. Untuk penambahan modal para pedagang, BMT Amanah Usaha Mulia menggunakan produk al-mudharabah. Dalam produk ini BMT Amanah Usaha Mulia selaku pemilik dana (shahibul maal) dan pedagang sebagai (mudharib). Setelah terjadi kesepakatan atau disebut akad, BMT Amanah Usaha Mulia memiliki sistem pembayaran angsuran yang bisa dilaksanakan oleh marketing yaitu sistem pengambilan angsuran dengan cara marketing datang mengambil angsuran para pedagang ke lapak atau tempat berjualan pedagang atau biasa disebut dengan sistem jemput bola. Dalam hal ini pedagang sudah menjadi anggota BMT Amanah Usaha Mulia Magelang. Maka dengan hal tersebut penulis akan membahas tentang Mekanisme Sistem Pembayaran Angsuran Pada akad mudharabah BMT Amanah Usaha Mulia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mekanisme; Angsuran; Mudharabah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 16 Dec 2021 09:38
Last Modified: 16 Dec 2021 09:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14750

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics