Pengaruh etos kerja, dana zakat, dan pendampingan terhadap keberhasilan pemberdayaan dana zakat produktirf: studi kasus mustahik BAZNAS Kota Semarang

Ningsih, Tina Priya (2021) Pengaruh etos kerja, dana zakat, dan pendampingan terhadap keberhasilan pemberdayaan dana zakat produktirf: studi kasus mustahik BAZNAS Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705026174_Tina_Priya_Ningsih] Text (SKRIPSI_1705026174_Tina_Priya_Ningsih)
1705026174_TINA PRIYA NINGSIH_Tugas Akhir - Tina Priyaningsih KKN rdr 75 UIN WS.klmpok 36.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Mengkaji peranan zakat, merupakan salah satu cara mengentaskan kemiskinan. Zakat tidak hanya sekedar menyantuni orang miskin secara konsumtif, tetapi memiliki tujuan permanen yaitu dapat memperdayakan orang yang menerimanya. Zakat produktif dinilai lebih tepat untuk membantu menyelesaikan masalah kemiskinan karena model pendayagunaannya yaitu bagaimana mustahik dapat menghasilkan sesuatu secara terus-menerus dengan dana zakat yang didapatkan. Namun dalam pelaksanaannya terdapat mustahik yang tidak berhasil menggunakan dananya untuk keberlangsungan usahanya. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha mustahik diantaranya faktor eksternal yaitu dari luar diri mustahik dan faktor internal yang berasal dari mustahik itu sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi keberhasilan pemberdayaan dana zakat produktif khususnya pada pengembangan usaha mustahik. Dengan mengambil fokus penelitian pada tiga variabel independen yaitu etos kerja, dana zakat dan pendampingan. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini berupa analisis kuantitatif dengan teknik statistik uji regresi logistik dikarenakan variabel Y bersifat binner maka digunakan regresi logistik . Sampel dari penelitian ini yaitu Mustahik yang menerima bantuan dana pada program BMM BAZNAS Semarang dengan jumlah 54 orang.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa etos kerja, dana zakat, dan pendampingan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan pemberdayaan dana zakat produktif. Artinya etos kerja, dana zakat, dan pendampingan merupakan faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha mustahik semakin tinggi etos kerja, dana zakat, dan pendampingan maka tingkat keberhasilan usaha semakin tinggi juga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Etos kerja; Dana zakat; Pendampingan; Pemberdayaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 04:14
Last Modified: 18 Dec 2021 04:14
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14755

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics