Implementasi 5c dalam proses analisis pembiayaan murabahah di KSPPS Bina Muamalat Walisongo Cabang Sendang Indah Semarang

Miftakh, Muhammad (2021) Implementasi 5c dalam proses analisis pembiayaan murabahah di KSPPS Bina Muamalat Walisongo Cabang Sendang Indah Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1805015002_MUHAMMAD_MIFTAKH] Text (TUGAS_AKHIR_1805015002_MUHAMMAD_MIFTAKH)
TUGAS_AKHIR_1805015002_MUHAMMAD_MIFTAKH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pertumbuhan BMT di Indonesia sudah menggapai jumlah jaringan yang tersebar diseluruh Indonesia serta tampak selaku lembaga keuangan mikro yang andal. Prihal ini dibuktikan dengan jumlah BMT yang sudah dibesarkan keplosok Indonesia. KSPPS Bina Muamalat Walisongo ialah salah satu tipe koprasi simpan pinjam yang bertugas menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkan kepada masyarakat. Salah satu produk pembiayaan di KSPPS Bina Muamalat Walisongo yang banyak diminnati oleh nasabah ialah pembiayaan murabahah. Prihal ini dikarenakan prosedur dari pembiayaan yang mudah dilaksanakan. Dalam melakukan salah satu tugasnya ialah menyalurkan dana berbentuk pembiayaan murabahah. KSPPS Bina Muamalat Walisongo sangat wajib mencermati prinsip 5C, yaitu character, capacity, capital, condition serta collatelar agar tidak terjadi pembiayaan bermasalah dikemudian hari. Dari pengangkatan judul Implementasi 5C dalam Proses Analisis Pembiayaan Murabahah di KSPPS Bina Muamalat Walisongo Cabang Sendang Indah Semarang, maka dapat dirumuskan permasalahan yakni sebagai berikut: Gimana Implementasi 5C dalam proses pembiayaan murabahah di KSPPS Bina Muamalat Walisongo Cabang Sendang Indah Semarang, serta apa hambatan yang dialami KSPPS Bina Muamalat Walisongo Cabang Sendang Indah Semarang dalam mengimplementasikan 5C dalam proses analisis pembiayaan murabahah.
Penelitian ini menggunaakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Data-data yang dimasukan ke dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh pada saat melakukan wawancara dan dokumentasi. Data-data yang telah terkumpul setelah itu dianalisis dengan memakai metode deskriptif analitis.
Dari hasil penelitian dapat diketahui kalau implementasi 5C dalam proses analisis pembiayaan murabahah sebagai pondasi yang sangat berarti dalam memberiankan pembiayaan. Dalam memberikan pembiayaan wajib mencermati prinsip 5C ialah character (sifat), capacity (keahlian), capital (modal), condition (keadaan), dan collatertal (jaminan). Dari kelima prinsip tersebut pihak KSPPS Bina Muamalat Walisongo Cabang Sendang Indah Semarang lebih menekankan menggunakan prinsip character, capacity, serta collacteral. Hambatan yang dialami KSPPS Bina Muamalat Walisongo Cabang Sendang Indah Semarang dalam mengimplementasikan 5C ialah pada saat mencari data nasabah terkadang tidak jujur pada saat memberikan keterangan mengenai pendapatan dan pengeluaran, jaminan yang diberikan tidak sebanding dengan permintaan pembiayaan diajukan, realisasi dalam pemakaian pembiayaan tersebut dapat disalah gunakan oleh nasabah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi; 5C; Murabahah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 16 Dec 2021 10:00
Last Modified: 16 Dec 2021 10:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14756

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics