Analisis konsep mubadalah faqihuddin Abdul Kadir terhadap beban ganda ibu rumah tangga terdampak pandemi Covid 19: studi kasus di kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Kota Semarang

Ridlo, Muhammad Syafiudin (2021) Analisis konsep mubadalah faqihuddin Abdul Kadir terhadap beban ganda ibu rumah tangga terdampak pandemi Covid 19: studi kasus di kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016142_MUHAMMAD_SYAIFUDIN_RIDLO] Text (SKRIPSI_1702016142_MUHAMMAD_SYAIFUDIN_RIDLO)
1702016142_M. Syafiudin Ridlo_Lengkap Tugas Akhir - Syafiudin Ridlo(1).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Pernikahan merupakan akad suci yang tercipta dari tujuan mulia dan angan-angan yang indah. Dari akad tersebut akan melahirkan peran, pekerjaan, tanggung jawab dan hubungan hak dan kewajiban. Keluarga seharusnya menjadi tempat yang paling damai bagi seluruh anggotanya. Namun faktanya, banyak terjadi ketidakadilan dalam pembagian peran dan pekerjaan dalam keluarga yang mengakibatkan beban ganda bagi istri. Pada zaman modern ini terjadi pergeseran tatanan sosial yang membuat peran mencari nafkah juga diemban oleh istri. Ditambah lagi, pada masa pandemi Ibu rumah tangga mendapatkan beban pekerjaan dua kali lipat akibat semua kegiatan dirumahkan. Peningkatan pekerjaan rumah tangga di masa pandemi tidak disertai dengan kesadaran keadilan gender dalam rumah tangga sehingga semua peningkatan beban pekerjaan ini hanya ditanggung oleh satu pihak saja yaitu ibu rumah tangga atau istri. Lantas apa dampak pandemi terhadap ibu rumah tangga? dan bagaimanakah analisis konsep mubadalah terhadap beban ganda?
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan wawancara. Subjek penelitian adalah lima orang istri yang mengalami beban ganda dalam keluarga. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis yang mana penulis mendeskripsikan atau menceritakan realita kasus dalam keluarga yang istrinya mengalami beban ganda istri kemudian menganalisis dengan analisis konsep mubādalah Faqihuddin Abdul Kadir.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pandemi memberikan dampak kepada ibu rumah tangga dan beban ganda ibu rumah tangga yang terjadi dalam keluarga di Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Kota Semarang merupakan bentuk ketidakadilan gender. Permasalahan yang dihadapi ialah beban pekerjaan dan tanggung jawab yang berlipat ganda tanpa dibarengi dengan relasi yang mubādalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Beban ganda; Gender; Mubādalah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice > 297.577 Marriage and family life
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 02:07
Last Modified: 18 Dec 2021 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14761

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics