Analisis pertimbangan hakim tentang tidak transparansi dalam mengelola keuangan keluarga sebagai alasan perceraian: analisis putusan No.1905/PDT.G/2018/PA.SMG

Tusiran, Tusiran (2021) Analisis pertimbangan hakim tentang tidak transparansi dalam mengelola keuangan keluarga sebagai alasan perceraian: analisis putusan No.1905/PDT.G/2018/PA.SMG. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016135_TUSIRAN] Text (SKRIPSI_1702016135_TUSIRAN)
1702016135_Tusiran_Full Skripsi - Tusiran Syukur.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Setiap rumah tangga pasti memiliki konflik, seperti sikap tidak transparansi antara suami dan istri dalam hal pendapatan dan pengeluaran rumah tangga dapat menyebabkan perselisihan yang bahkan bisa berujung pada perceraian. Seperti yang terjadi pada Perkara Cerai Talak No.1905/Pdt.G/2018/PA.Smg, dimana pemohon menggunakan alasan istri tidak terbuka dalam megelola keuangan, kemudian permohonan tersebut dikabulkan oleh pengadilan agama kota semarang. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang Analisis Pertimbangan Hakim dalam hal Tidak Transparansi Mengelola Keuangan Keluarga Sebagai Alasan Perceraian dalam Putusan (No.1905/Pdt.G/2018/PA. Smg).
Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yaitu: Pertama bagaimana legal standing tidak transparansi pengelolaan keuangan keluarga sebagai alasan perceraian dalam putusan No.1905/pdt.g/2018/Pa.Smg? Kedua bagaimana analisis pertimbangan hakim dalam mengabulkan Perkara No.1905/Pdt.G/2018/PA. Smg, terhadap Tidak transparansi pengelolaan keuangan Keluarga sebagai alasan perceraian?
Penelitian ini mengunakan jenis penelitian normatif atau kepustakaan (library research) dengan analisis putusan. Sumber data diperoleh dengan menggunakan teknik Metode Kepustakaan dengan mengumpulkan data berupa sumber data tertulis. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif. Untuk analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif analitis.
Hasil penelitian yang penulis temukan, yaitu: Pertama bahwa Sikap istri yang tidak transparansi dalam mengelola keuangan merupakan sikap tidak bertanggung jawab dalam menjaga keharmonisan rumah tangga dan tidak menjalankan kewajibannya sebagai istri, sebagaimana tertera dalam Pasal 34 UU No. 1 Tahun 1974 tentang kewajiban suami istri, dan juga merupakan sikap yang bertentangan dengan prinsip-prinsip dalam perkawinan. Kedua hasil penelitian terkait pertimbangan hakim dalam mengabulkan perceraian dengan alasan sikap istri tidak transparansi dalam mengelola keuangan adalah Majelis Hakim lebih menitikberatkan pada menarik kemaslahatan dan menghilangkan kemudharatan dalam keluarga yang terus-menerus terjadi pereselisihan dan pertengkaran yang dipicu oleh sikap istri tidak transparansi dalam mengelola keuangan keluarga. Oleh karena itu menurut majelis hakim percerain adalah jalan yang terbaik

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perceraian; Pengelolaan keuangan; Keluarga
Subjects: 300 Social sciences > 340 Law > 346 Private law
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 04:16
Last Modified: 18 Dec 2021 04:16
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14765

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics