Analisis SWOT strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah di BMT Sumber Harapan Maju Ungaran

Hanifah, Annida Luthfiyatul (2021) Analisis SWOT strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah di BMT Sumber Harapan Maju Ungaran. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TUGAS_AKHIR_1805015004_ANNIDA_LUTHFIYATUL_HANIFAH] Text (TUGAS_AKHIR_1805015004_ANNIDA_LUTHFIYATUL_HANIFAH)
TUGAS_AKHIR_1805015004_ANNIDA_LUTHFIYATUL_HANIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

keuangan baik bank maupun non bank yang menyebabkan pihak lembaga keuangan untuk selalu mengoptimalkan kegiatan pemasarannya. BMT Sumber Harapan Maju merupakan lembaga keuangan non bank yang menawarkan produk pembiayaan berbasis syariah. Untuk mengahadapi persaingan yang semakin ketat, maka perlu mengidentifikasi strategi pemasaran dari berbagai faktor, yaitu salah satunya menggunakan analisis SWOT.
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi pemsaran produk pembiayaan murabahah yang dilakukan oleh BMT Sumber Harapan Maju Ungaran dan bagaimana strategi pemasarannya jika dianalisis menggunakan analisis SWOT. Penelitian ini bersifat deskripsi kualitatif dengan mengumpulkan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian lalu kesimpulan. pembiayaan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan strategi pemasaran yang digunakan oleh BMT Sumber Harapan Maju menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 4P (Product, Price, Promotion, dan Place).
Sedangkan hasil analisis SWOT pada strategi pemasaran produk pembiayaan murabahah di BMT Sumber Harapan Maju menunjukkan posisi kuadran I, yang artinya BMT tersebut memiliki peluang yang kuat untuk terus berkembang dan maju. Rekomendasi strategi yang diberikan yaitu agresif, artinya LKMS BMT Sumber Harapan Maju sangat memungkinkan untuk terus melakukan ekspansi secara maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Produk Pembiayaan Murabahah; Analisis SWOT.
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 16 Dec 2021 10:24
Last Modified: 16 Dec 2021 10:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14766

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics