Analisis hukum Islam tentang transaksi trading binary option

Ikhsan, Alvi Nurul (2021) Analisis hukum Islam tentang transaksi trading binary option. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1502036025_Alvi Nurul Ikhsan_Skripsi Lengkap] Text (Skripsi_1502036025_Alvi Nurul Ikhsan_Skripsi Lengkap)
1502036025_ALVI NURUL IKHSAN__Skripsi Lengkap (1) - Alvi Nurul Ihsn.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini menganalisis trading binary option, yang saat ini mulai banyak lakukan untuk trading, sebuah transaksi baru dengan memanfaatkan pergerakan dari mata uang tertetu. Binary option merupakan trading yang meprediksi kenaikan atau turunnya sebuah asset, untuk mendapatkan keuntungan. Trading binary option saat ini banyak dikenal dan diminati masyarakat, karna banyaknya influencer binary option yang sukses trading binary, dan mendapatkan banyak keuntungan dari trading tersebut. selain itu banyaknya youtuber yang menjadikan trading binary option sebagai konten. Trading binary option ini menjadi transaksi jenis baru maka dapat dilakukan penelitian dan pengetahuan tentang binary option.
Adapun dari rumusan masalah dalam penilitian ini diantaranya (1) Bagaimana pelaksanaan system dalam binary option? (2) Bagaimana analisis hukum Islam terhadap transaksi trading binary option?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui transaksi trading binary option menurut hukum islam.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum Normatif Empiris atau Non-Doktrinal dan menggunakan pendekatan yuridis empiris serta data yang diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukan untuk melakukan trading para trader harus terlebihdahulu melakukan pendaftaran pada broker yang sudah dipilih, melakukan topup kepada akun virtual yang sudah terdaftar dibroker, setelah itu para trader baru bisa memulai trading, menentukan jenis uang, menentukan jumlah uang yang akan ditradingkan, memilih apakah akan naik atau turun dalam waktu yang akan ditentukan. Dalam hal ini praktek transaki binary option menggandung maisir, karna bersipat untung untungan, da nada yang dirugikan salah satu pihak, selian itu dalam Dalam Fatwa DSN_MUI: 28/DSN-MUI/III/2002 yang berisi bahwa salah satu transaksi jual beli mata uang yang dilarang yaitu system trading binary option.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Trading Binary; Binary Option
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 07 Jan 2022 02:47
Last Modified: 07 Jan 2022 02:47
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14768

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics