Efektivitas pelaksanaan e-litigasi di pengadilan agama medan kelas 1A dalam rangka mewujudkan asas kemudahan dalam beracara

Sari, Yuni Novita (2021) Efektivitas pelaksanaan e-litigasi di pengadilan agama medan kelas 1A dalam rangka mewujudkan asas kemudahan dalam beracara. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016011_YUNI NOVITA SARI] Text (SKRIPSI_1702016011_YUNI NOVITA SARI)
SKRIPSI_1702016011_YUNI NOVITA SARI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan zaman di era digital sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat. saat ini dunia hukum juga telah dituntut untuk melakukan perubahan dalam melakukan tindakan hukum. Persidangan yang selama ini sangat menguras waktu dan biaya, membuat Mahkamah Agung meluncurkan sistem baru yaitu persidangan secara elektronik, yang diharapkan dapat menjadikan sistem peradilan dapat lebih sederhana, cepat dan biaya ringan. Oleh sebab itu perlu adanya peninjauan mengenai efektivitas dari sistem e-litigasi yang dalam penelitian ini, peneliti menjadikan Pengadilan Agama Medan Kelas 1A sebagai objek penelitian, karena pengadilan tersebut merupakan salah satu pengadilan agama yang telah menggunakan sistem e-litigasi.
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut timbul permasalahan, yang dalam hal ini peneliti menjadikannya sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu mengenai : 1) Bagaimana penerapan sistem e-litigasi di Pengadilan Agama Medan ? 2) Bagaimana efektivitas dari pelaksanaan sistem e-litigasi di Pengadilan Agama Medan ?
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dengan metode kualitatif yang mengandung makna yang dimaksud dengan makna data yang sebenarnya dan pasti. Jenis penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif, dan juga menggunakan pendekatan yaitu suatu penelitian hukum yang mempergunakan sumber hukum sekunder, data sekunder mempuyai ruang lingkup yang meliputi buku-buku, jurnal sampai dengan dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah. yang kemudian akan di sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di lapangan.
Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh peneliti maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Penerapan e-litigasi di Pengadilan Agama Medan belum sepenuhnya sesuai dengan Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 tahun 2019, karena pada prakteknya di pengadilan bahwa untuk pembacaan gugatan di bacakan pada saat acara klarifikasi akun e-court. Jadi dalam prakteknya di pengadilan agama memang gugatan tetap dibacaan di pengadilan dan proses e-litigasi dimulai dari persidangan jawaban. 2) Mengenai efektivitas dari penerapan e-litigasi tersebut di Pengadilan Agama Medan, peneliti menyimpulkan cukup efektif karena dilihat dari pemahaman program oleh masyarakat yang menjadi sasarn dalam penerapan ini masih kurang, kurangnya pemahaman bahkan masih banyak yang belum mengetahui mengenai sistem persidangan elektonik. Untuk ketepan waktu juga cukup efektif, karena dalam prosesnya dilapangan masih banyak penundaan-penundaan atau penjadwalan ulang sehingga untuk menjadikan peradilan yang cepat itu masih belum begitu tercapai sepenuhnya. dan mengenai tercapainya tujuan serta perubahan nyata dari pelaksanaan e-litigasi sudah dapat dikatakan efektif . walaupun jika ditinjau dari tercapainya tujuan asas cepat masih kurang eektif namun karena untuk asas sederhana dan biaya ringannya sudah tercapai maka dapat dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas; E-Litigasi; Pengadilan agama
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.272 Islam and politics, fundamentalism
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:23
Last Modified: 20 Dec 2021 01:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14781

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics