Upaya wanita karir dalam membentuk keluarga sakinah perspektif hukum Islam: studi kasus pada wanita pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Ragab Begawe Caram Mesuji, Lampung

Satiti, Agustya Puji (2021) Upaya wanita karir dalam membentuk keluarga sakinah perspektif hukum Islam: studi kasus pada wanita pegawai Rumah Sakit Umum Daerah Ragab Begawe Caram Mesuji, Lampung. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702016012_Agustya Puji Satiti] Text (Skripsi_1702016012_Agustya Puji Satiti)
Skripsi_1702016012_Agustya Puji Satiti.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh wanita karir yang bekerja di RSUD Ragab Begawe Caram, permasalahan ini muncul karena ada sebagian istri yang memiliki lebih banyak waktu untuk pekerjaan sehingga kurang maksimal dalam membagi waktu antara pekerjaan dan kewajiban sebagai ibu rumah tangga. Dalam hal ini pentingnya bagi ibu rumah tangga yang bekerja sebagai wanita karir untuk mengerti dan paham betul dengan upaya yang harus dilakukan dalam membentuk keluarga untuk menjadi keluarga yang sakinah.
Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti merumuskan dua masalah yaitu: 1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap wanita yang bekerja di RSUD Ragab Begawe Caram dalam keluarga; 2) Bagaimana Upaya Wanita Karir dalam membentuk Keluarga Sakinah bagi pegawai wanita di RSUD Ragab Begawe Caram Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung.
Metode penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan normatif empiris, pendekatan yang bertolak ukur pada hukum Islam. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research). Bahan Hukum yang digunakan yaitu bahan hukum primer, sekunder. Teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan metode analisis data yang dilakukan analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa. Upaya yang di lakukan oleh wanita pegawai RSUD Regawe Begawe Caram yaitu diantaranya; membagi waktu dan melakukan quality time, mengontrol emosi saling mengerti, menjaga komunikasi, saling mendukung, melaksanakan hak dan kewajiban, menanamkan nilai keagamaan dalam keluarga, saling memaafkan dengan introspeksi diri, menjaga kepercayaan. Dalam Perspektif Hukum Islam tentang upaya yang dilakukan oleh wanita pegawai RSUD Ragab Begawe Caram sudah memenuhi kriteria dan unsur terbentuknya keluarga sakinah. Akan tetapi ada beberapa wanita karir yang kurang maksimal dalam membentuk keluarga sakinah, hal itu disebabkan karena kurang seimbang antara keluarga dan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Wanita karir; Keluarga sakinah; Hukum Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 20 Dec 2021 01:21
Last Modified: 20 Dec 2021 01:21
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14782

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics