Studi analisis pendapat dr. Aisah dahlan, cht tentang pemahaman seksologi dan implementasinya terhadap keharmonisan rumah tangga perspektif hukum Islam dan hukum positif

Prasari, Nurana (2021) Studi analisis pendapat dr. Aisah dahlan, cht tentang pemahaman seksologi dan implementasinya terhadap keharmonisan rumah tangga perspektif hukum Islam dan hukum positif. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1702016014_Nurana Prasari] Text (Skripsi_1702016014_Nurana Prasari)
Skripsi_1702016014_Nurana Prasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Hubungan intim suami istri merupakan hak dan kewajiban yang dimiliki oleh suami istri. Namun, adakalanya hubungan intim tersebut tidak berjalan dengan baik, karena kurangnya pemahaman seksologi. Terkait dengan hal itu, pendapat dr. Aisah Dahlan, CHt tentang pemahaman seksologi sangat bagus. Tetapi, belum banyak masyarakat yang mengaplikasikan pendapat beliau dalam kehidupan berumah tangga. Sehingga, penulis tertarik untuk meneliti pendapat beliau dengan perspektif hukum Islam dan hukum positif.
Pokok masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana analisis terhadap pendapat dr. Aisah Dahlan, CHt tentang pemahaman seksologi dan implementasinya terhadap keharmonisan rumah tangga perspektif hukum Islam? 2) Bagaimana analisis terhadap pendapat dr. Aisah Dahlan, CHt tentang pemahaman seksologi dan implementasinya terhadap keharmonisan rumah tangga perspektif hukum positif?
Penelitian ini merupakan penelitian hukum doktrinal. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research. Sumber data primer penelitian ini adalah observasi video kajian dr. Aisah Dahlan, CHt. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis data model interaktif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Menurut penulis, pendapat dr. Aisah Dahlan, CHt tentang pemahaman seksologi dan implementasinya terhadap keharmonisan rumah tangga sesuai dengan hukum Islam. Bila pendapat dr. Aisah Dahlan, CHt. ini diaplikasikan dalam kehidupan rumah tangga, maka dapat menciptakan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. 2) Menurut penulis, pendapat dr. Aisah Dahlan, CHt tentang pemahaman seksologi dan implementasinya terhadap keharmonisan rumah tangga sesuai dengan hukum positif. Bila pendapat dr. Aisah Dahlan, CHt ini diaplikasikan dalam kehidupan rumah tangga, maka akan mewujudkan tujuan pernikahan sebagaimana Pasal 1 UU No. 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan dan dapat mencegah terjadinya kekerasan seksual dalam rumah tangga sebagaimana yang termaktub dalam UU No. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Seksologi; Keharmonisan; Rumah tangga; Hukum Islam; Hukum positif
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.57 Religious experience, life, practice
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Agus Wayan Yulianto
Date Deposited: 20 Dec 2021 00:41
Last Modified: 20 Dec 2021 00:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14784

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics