Konsep radha’ah anak pada yayasan donor Air Susu Ibu (ASI): studi kasus di Lactashare Indonesia

Budi, Sheila Cantika (2021) Konsep radha’ah anak pada yayasan donor Air Susu Ibu (ASI): studi kasus di Lactashare Indonesia. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702016112_SHEILA_CANTIKA_BUDI] Text (SKRIPSI_1702016112_SHEILA_CANTIKA_BUDI)
1702016112_SHEILA CANTIKA BUDI_Full Skripsi-dikonversi - Sheila Cantika Budi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Radhaah adalah salah satu penyebab hubungan mahram. Persoalan susuan dalam fiqih Islam mempunyai dampak pada terhadap sah atau tidaknya seorang lelaki menikah dengan seorang wanita. Air Susu Ibu adalah makanan pokok dan sumber gizi utama bayi. Oleh sebab itu pemberian ASI eksklusif sejak dilahirkan sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak dalam masa golden period sebagai sumber makanan yang pertama. Namun, pada realitanya banyak ibu-ibu yang tidak bisa memenuhi kebutuhan ASI eksklusif dikarenakan indikasi medis tertentu, sehingga mereka memilih untuk menggunakan jasa praktik donor ASI atau disusukan kepada orang lain. Padahal praktik donor ASI dapat terjadi adanya hubungan mahram (radha’ah) karena sepersusuan yang mengakibatkan keharaman dalam pernikahan. Persoalan ini membuat sebagian masyarakat bimbang apabila akan menggunakan jasa Donor ASI, padahal sedang membutuhkannya dalam keadaan darurat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : pertama, bagaimana konsep radha’ah anak (bayi) pada Yayasan Donor Air Susu Ibu (ASI)? Kedua, bagaimana praktik donor ASI dan status kemahraman penerima dan pendonor di Yayasan Berbadan Hukum Lactashare Indonesia?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui konsep radha’ah anak (bayi) pada Yayasan Donor Air Susu Ibu (ASI) dan mengetahui praktik donor ASI serta status kemahraman penerima dan pendonor di Yayasan Berbadan Hukum Lactashare Indonesia.
Jenis penelitian ini adalah penelitian normatif-empiris gabungan antara penelitian kepustakaan (Library Research) dengan penelitian lapangan (Field Research) penelitian ini termasuk penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif yuridis normatif dan yuridis empiris. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik kualitatif (Qualitative Content Analisys) kemudian disajikan secara deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam praktik donor ASI yang dilaksanakan oleh Yayasan Lactashare Indonesia adalah 1) Konsep radha’ah anak pada Lactashare sah menurut hukum Islam karena dalam praktik radha’ahnya sudah memenuhi syarat dan rukun radha’ah sesuai syariat agama Islam dan sesuai dengan Fatwa MUI. 2) Praktik donor ASI yang dilaksanakan Lactashare sudah memenuhi standar medis dan sudah terpenuhinya syarat serta rukun radha’ah dan Status kemahraman pendonor serta penerima (resipien) donor ASI di Lactashare Indonesia memiliki status hubungan kemahraman dalam pernikahan. Dalam upaya perlindungan hukum Lactashare juga menerbitkan sertifikat penyusuan sebagai upaya pencegahan terjadinya pernikahan sepersusuan dimasa mendatang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Radha’ah; Anak; Donor ASI; Air susu ibu; Lactashare Indonesia
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.14 Religious Ceremonial Laws and Decisions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:43
Last Modified: 18 Dec 2021 07:43
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14790

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics