Strategi Takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten Sragen dalam meningkatkan jumlah jamaah

Putri, Mega Suganda (2021) Strategi Takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten Sragen dalam meningkatkan jumlah jamaah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036066_MEGA_SUGANDA_PUTRI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036066_MEGA_SUGANDA_PUTRI_Lengkap)
SKRIPSI_1701036066_MEGA_SUGANDA_PUTRI_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini disusun oleh Mega Suganda Putri (1701036066) yang berjudul “Strategi Takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten Sragen dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah”, Program Strata (SI), Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten Sragen dalam mempertahankan dan meningkatkan jumlah jamaahnya.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yang menggunakan riset deskriptif dan juga cenderung menggunakan analisis pendekatan induktif. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini menggunakan dua jenis sumber data, yaitu primer dan sekunder. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah takmir dan jamaah Masjid Raya Al-Falah. Sedangkan sumber data sekundernya peneliti menggunakan buku-buku, jurnal, artikel, dan kepustakaan lainnya yang relevansinya sesuai dengan penelitan ini.
Strategi merupakan suatu proses dalam penentuan rencana yang berfokus pada tujuan jangka panjang, yang membutuhkan pengelolaan yang terstruktur untuk mencapai tujuannya tersebut. Didalam strategi memiliki tahapan antara lain yaitu Formulasi , Implementasi dan Evaluasi. Strategi sendiri memiliki fungsi yaitu agar rencana yang telah disusun dengan baik dapat di implimentasikan secara efektif. Tipe-tipe strategi terbagi menjadi empat bagian, antara lain : Corporate Strategy (Strategi Organisasi), Program Strategy (Strategi Program), Recourse Support Strategy (Strategi Pendukung Sumber Daya), dan Institusional Strategy (Strategi Kelembagaan).
Takmir atau pengurus masjid adalah orang yang bertugas menjaga, mengurus, merawat masjid. Takmir ataupun pengurus masjid ialah mereka yang menerima amanah jamaah untuk memimpin, mengelola dan memakmurkan masjid dengan baik. Jika mereka tidak berakhlak, tidak memahami ajaran agama, keberadaaan mereka dapat menjatuhkan citra dan nama baik masjid yang sebagai tempat ibadah. Mereka juga harus menyatu dengan jamaahnya, harus akrab dan mampu bekerjasama secara padu dalam segala hal pelaksanaan masjid. pengurus mampu menjaga sikap baiknya ketika memberikan pelayanan dengan jamaahnya. Pengurus dan jamaah tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Pengurus tidak akan ada jika tidak ada jamaah. Karena jamaah masjid tidak akan terurus jika tidak ada pengurus masjid. Tanpa adanya jamaah pun, masjid akan sepi. Tidak hanya itu saja, jamaah masjid juga dapat memberikan pengaruh besar terhadap kegiatan dan kempimpinan masjid. makin banyak jumlah jamaahnya, maka makin ringan pula pelaksanaan yang ada dimasjid, karena mendapat dukungan penuh dari jamaahnya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten Sragen menerapakan tahapan-tahapan strategi dalam meningkatkan jumlah jamaahnya. Tahapan-tahapan tersebut adalah (1) Takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten Sragen menerapkan tahap formulasi strategi dalam merencakan program-program yang akan dibuat, (2) Takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten Sragen menerapkan tahap implementasi agar rencana-rencana program dapat terlaksana sesuai dengan tujuan awal. Dan (3) Takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten Sragen menerapkan tahap evaluasi. Pada tahapan ini berfungsi agar dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan atau problematika dalam menerapan strategi yang telah direncanakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Takmir; Jamaah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:36
Last Modified: 18 Dec 2021 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14793

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics