Implementasi fungsi manajemen dalam pengembangan sumber daya santri (studi kasus Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang)

Saniyah, Minhatus (2021) Implementasi fungsi manajemen dalam pengembangan sumber daya santri (studi kasus Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036046_MINHATUS_SANIYAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036046_MINHATUS_SANIYAH_Lengkap)
SKRIPSI_1701036046_MINHATUS_SANIYAH_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Minhatus Saniyah 1701036046 dengan judul “Implementasi Fungsi Manajemen dalam Pengembangan Sumber Daya Santri (Studi Kasus Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang)”. Penelitian ini dilakukan sebagai upaya penulis untuk mengetahui penerapan fungsi manajemen dalam pengembangan sumber daya santri di Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang. Penulis memfokuskan penelitiannya pada 4 fungsi manajemen menurut G.R. Terry yakni planning, organizing, actuating, controling. Kemudian fokus penelitian yang kedua akan mengkaji kegiatan ketrampilan di Pesantren Besongo yang mana tujuan dari kajian ketrampilan tersebut sebagai upaya dalam mengembangkan kreatifitas santri dan sebagai bekal hidup dimasyarakat. Selain itu, hal yang paling utama adalah untuk membantu meningkatkan taraf perekonomian bangsa Indonesia.
Jenis penelitian yang diambil oleh penulis adalah penelitian kualitatif. Sumber data terdiri dari dua jenis yakni data primer yang diperoleh melalui wawancara dengan pengasuh dan beberapa santri. Jenis data yang kedua yakni data sekunder, diperoleh melalui website, arsip kesekretariatan dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakan teknis wawancara, observasi langsung dan dokumentasi. Kemudian seluruh data akan dianalisis menggunakan 3 teknis yakni reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan, Pesantren Besongo sangat menganggap penting penerapan fungsi manajemen dalam pengembangan sumber daya santri. Bermula dari fungsi perencanaan (planing) yang sangat matang dan dinamis, kemudian fungsi pengorganisasian (organizing) yang diatur sedemikian rupa agar perencanaan dapat berjalan. Setelah itu pelaksanaan (actuating) berjalan sesuai perencanaan yang sudah ditetapkan. Proses yang terakhir adalah fungsi pengawasan atau evaluasi (controling) dilakukan melalui sistem absen santri, evaluasi kajian ketrampilan dan survei google form.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Fungsi manajemen; Sumber daya; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 18 Dec 2021 01:07
Last Modified: 18 Dec 2021 01:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14814

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics