Strategi pemasaran pendidikan melalui figur seorang kiai di MTs Yaspia Ngroto

Istirokhah, Istirokhah (2021) Strategi pemasaran pendidikan melalui figur seorang kiai di MTs Yaspia Ngroto. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036083_ISTIROKHAH] Text (SKRIPSI_1703036083_ISTIROKHAH)
1703036083_istirokhah_Lengkap Tugas Akhir - ISTIROKHAH 09.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

keberhasilan lembaga pendidikan tidak lepas dari pengelolaan strategi pemasaran yang tepat agar mampu mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Skripsi ini membahas mengenai strategi pemasaran pendidikan melalui figur seorang kiai di MTs Yaspia Ngroto. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis terhadap uniknya strategi pemasaran yang digunakan oleh lembaga pendidikan. Adapun penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan; (1) Bagaimana strategi pemasaran pendidikan melalui figur seorang kiai di MTs Yaspia Ngroto? (2) Bagaimana hasil yang diperoleh dalam memasarkan pendidikan melalui figur seorang kiai di MTs Yaspia Ngroto?.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, metode pengumpulan data: wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi pemasaran pendidikan melalui figur seorang kiai di MTs Yaspia Ngroto yaitu dengan (a) Menjalin hubungan kerjasama dengan beberapa kiai dan pondok pesantren di desa Ngroto (b) Mengadakan program tahfidzul qur’an (c) Mengadakan program pesantren kilat (d) Promosi secara langsung dan tidak langsung. (2) Hasi yang diperoleh dari strategi pemasaran melalui figur seorang kiai di MTs Yaspia Ngroto yaitu: (a) Meningkatnya jumlah peserta didik dari tahun ke tahu (b) meningkatnya kepercayaan masyarakat (c) Tingginya loyalitas masyarakat.
Saran: madrasah lebih memperhatikan secara mendalam berkaitan kegiatan – kegiatan tersebut karena sebagai pendukung utama dalam promosi pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemasaran pendidikan; Strategi pemasaran; Kiai
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:24
Last Modified: 18 Dec 2021 07:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14824

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics