Peran kepala madrasah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MA Khoiriyah Pati

Karisma, Diah Novita (2021) Peran kepala madrasah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MA Khoiriyah Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036031_DIAH_NOVI_KARISMA] Text (SKRIPSI_1703036031_DIAH_NOVI_KARISMA)
Diah Novi Karisma_1703036031_Full Skripsi - diah novi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Peran kepala madrasah sebagai supervisor akademik sangat penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran. Penelitian ini mengambil fokus permasalahan: 1) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor dalam meningkatkan Mutu Pembelajaran?. 2) Faktor-faktor apa saja yang menghambat peningkatan Mutu Pembelajaran di MA Khoiriyah Pati?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini, yaitu menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, dan triangulasi data. Adapun teknis analisis data menggunakan beberapa tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran kepala madrasah sebagai supervisor akademik dalam meningkatkan mutu pembelajaran di MA Khoiriyah sebagai berikut, 1) Merencanakan supervise akademik sebanyak 2 kali dalam satu semester. 2) Melaksanakan supervise akademik terhadap guru dengan menggunakan pendekatan dan teknik supervise yang tepat. 3) Menindak lanjuti hasil supervise akademik terhadap guru. Adapun factor yang menghambat kepala MA Khoiriyah dalam menjalankan peran sebagai supervisor akademik ada 2 yaitu: adanya guru yang tidak dapat menerima kritik dan rasa sungkan terhadap guru yang lebih senior

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran kepala madrasah; Supervisi akademik, Mutu pembelajaran
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 03:12
Last Modified: 18 Dec 2021 03:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14831

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics