Strategi pemasaran pendidikan islam dalam meningkatkan minat masyarakat di MA NU Nurul Huda Kota Semarang

Rosyidi, Fuad (2021) Strategi pemasaran pendidikan islam dalam meningkatkan minat masyarakat di MA NU Nurul Huda Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503036080_FUAD_ROSYIDI] Text (SKRIPSI_1503036080_FUAD_ROSYIDI)
SKRIPSI_1503036080_FUAD_ROSYIDI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang strategi pemasaran di MA NU Nurul Huda Semarang. Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pemasaran pendidikan yang dilakukan oleh sebuah lembaga pendidikan.Agar sebuah lembaga dapat bersaing dimana pada saat ini banyak lembaga pendidikan baru muncul.Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan tentang (1) Bagaimana strategi pemasaran madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat di MA NU Nurul Huda Semarang?(2) Apa kendala strategi pemasaran madrasah dalam meningkatkan minat masyarakat di MA NU Nurul Huda Semarang? (3) Bagaimana implikasi strategi pemasaran di MA NU Nurul Huda Semarang?
Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka hasil penelitian ini adalah terdapat 3 jenis pemasaran yaitu pemasaran Internal, pemasaran Eksternal dan pemasaran Interaktif(1) Perencanaan pemasaran Internal, pemasaran Eksternal dan pemasaran Interaktif, Strategi dalam pendidikan pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan pemasaran pada sebuah perusahaan, hanya saja proses didalamnya berbeda, dilihat dari segi produk maupun sasaran pemasarannya. (2) Pelaksanaan pemasaran Internal, pemasaran Eksternal dan pemasaran Interaktif, Pemasaran dalam pendidikan khususnya yang menonjol adalah infrastruktur dalam madrasahnya memang itu bagian dari pemasaran untuk menarik minat. (3) Evaluasi pemasaran Internal, pemasaran Eksternal dan pemasaran Interaktif strategi pemasaran jasa pendidikan Islam di MA NU Nurul Huda Semarang dilihat dari tahun pertama ajaran baru setiap tahunnya jadi perkembangan minat siswa atau masyarakat dapat dilihat setiap tahunnya.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Jasa Pemasaran; Madrasa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Dec 2021 02:58
Last Modified: 18 Dec 2021 02:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14832

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics