Pengelolaan sudut baca kelas di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan

Fransiska, Fina Dian (2021) Pengelolaan sudut baca kelas di MI Terpadu Nurul Islam Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036016_FINA_DIAN_FRANSISKA] Text (SKRIPSI_1703036016_FINA_DIAN_FRANSISKA)
1703036016_fina dian fransiska_lengkap tugas akhir - Fina Dian Fransiska.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan kendala sudut baca kelas di MIT Nurul Islam Ngaliyan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara : reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) pengelolaan sudut baca di MIT Nurul Islam meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (actuating), pengawasan (controlling),dan pengorganisasian (organizing). (2) Kendala dalam pengelolaan sudut baca di MIT Nurul Islam Ngaliyan yakni sarana dan prasarana yang kurang memadai, tenaga kerja yang kurang terlatih dan hanya dilakukan oleh siswa yang belum mengetahui, bahan bacaan yang disediakan terbatas serta kurangnya siswa yang memanfaatkan sudut baca.
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) sudut baca dikelola oleh pustakawan, koordinator sudut baca dan siswa yang bertujuan untuk mengenalkan siswa pada sumber bacaan. (2) upaya dalam pengelolaan sudut baca yaitu dengan mendesain ruang sudut baca menjadi semenarik mungkin, mengganti koleksi buku, menata ruang baca serta menjaga kebersihan dan ketertiban sudut baca. (3) kendala dalam pengelolaan sudut baca berupa kurangnya bahan bacaan, jadwal siswa yang padat, fasilitas yang kurang memadai, serta pengelolaan yang hanya dilakukan oleh siswa yang masih kurang paham mengenai pengelolaan sudut baca

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan sudut baca
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 026 Libraries for specific subjects
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 03:11
Last Modified: 18 Dec 2021 03:11
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14833

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics