Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan di MA Khoiriyah Waturoyo Pati

Qomariyah, Ika (2021) Peran kepala madrasah sebagai manajer dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan di MA Khoiriyah Waturoyo Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703036012_IKA_QOMARIYAH] Text (SKRIPSI_1703036012_IKA_QOMARIYAH)
1703036012_Ika Qomariyah_Lengkap Tugas Akhir - Ika Qomariyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kepala Madrasah merupakan salah satu elemen yang berperan penting dalam mengelola sarana dan prasarana pendidikan agar dapat mendukung kegiatan pembelajaran sehingga dapat tercapai tujuan pendidikan yang diharapkan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kepala MA Khoiriyah Waturoyo Pati melaksanakan perannya sebagai manajer dalam mengelola sarana dan prasarana berupa: 1) menganalisis kebutuhan sarana dan prasarana melalui rapat perencanaan awal tahun dengan melibatkan tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, 2) mengelola pengadaan sarana dan prasarana dengan cara membeli ataupun menerima hibah, 3) mengelola penggunaan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan dan fungsinya, namun belum ada aturan tertulis terkait pengaturan penggunaan sarana dan prasarana, 4) mengelola pemeliharaan sarana dan prasarana dengan melibatkan siswa, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, 5) mengelola penghapusan sarana dan prasarana dengan menjual sarana yang tidak berfungsi. Strategi yang dilakukan berupa merencanakan dan melaksanakan pengelolaan sarana dan prasarana secara bertahap. Aktif dalam mencari informasi bantuan dana maupun sarana. Memanfaatkan dana sisa kegiatan untuk pengadaan ataupun pemeliharaan sarana dan prasarana. Menjual sarana rusak untuk pengadaan atau pemeliharaan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran kepala madrasah; Pengelolaan sarana dan prasarana
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 03:13
Last Modified: 18 Dec 2021 03:13
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14835

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics