Manajemen program tahfidzul qur'an di sekolah Islam: studi komparasi di SD Tahfidz Roudlotul Qur'an Demak dan SDIT Tahfidz Al-Husna Jepara

Fahmi, Fuad (2021) Manajemen program tahfidzul qur'an di sekolah Islam: studi komparasi di SD Tahfidz Roudlotul Qur'an Demak dan SDIT Tahfidz Al-Husna Jepara. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1903038003_Fuad_Fahmi] Text (TESIS_1903038003_Fuad_Fahmi)
1903038003_Fuad Fahmi_Full Tesis - 08- Fuad Fahmi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Manajemen Program tahfidzul Qur’an bagi para siswa-siswi yang sedang menempuh pendidikan formal bukan suatu yang mudah. Hal tersebut didasari oleh bahwa siswa-siswi tidak hanya disibukkan atau dibebani dengan kegiatan ketahfidzan (menghafal dan muroja’ah), namun juga dibebani dengan matapelajaran sekolah. Penelitian ini bertujaun untuk mendeskripsikan bagaimana manajemen program tahfidzul Qur’an untuk siswa-siswi yang sedang sekolah formal di SD Tahfidz Roudlotul Qur’an Demak dan SDIT Tahfidz Al-Husna Jepara, dengan sub fokus: (1) analisis perencanaan program tahfidz, (2) analisis pengorganisasian program tahfidz, (3) analisis pelaksanaan program tahfidz, (4) analisis pengawasan program tahfidz yang dilakukan oleh SD Tahfidz Roudlotul Qur’an Demak dan SDIT Tahfidz Al-Husna Jepara.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian multikasus. Teknik yang diterapkan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah/pimpinan yayasan, koordinator tahfidz, guru tahfidz.
Penelitian ini menunjukkan: (1) program tahfidzul Qur’an SD Tahfidz Roudlotul Qur’an telah menjalankan fungsi manajemen, (2) program tahfidzul Qur’an SDIT Tahfidz Al-Husna telah menjalankan fungsi manajemen sesuai dengan teori, (3) kelebihan dan kekurangan dari kedua situs tersebut dapat dilihat dari persamaan dan perbedaan. SD Tahfidz Roudlotul Qur’an memiliki standar kelulusan hafalan 5 (lima) juz. Sedangkan di SDIT Tahfidz Al-Husna memiliki standar hafalan dengan memaksimalkan kemampuan anak didik.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan membekali pengalaman ilmu dalam upaya melestarikan dan membumikan Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Tahfidzul qur'an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86131 - Manajemen Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 03:49
Last Modified: 18 Dec 2021 03:49
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14837

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics