Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan melalui program bank sampah (studi pada bank sampah Sami Aji Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Semarang))

Mulyani, Siti (2021) Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan melalui program bank sampah (studi pada bank sampah Sami Aji Kelurahan Tambakaji Kecamatan Ngaliyan Semarang)). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701046006_SITI MULYANI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1701046006_SITI MULYANI_SKRIPSI LENGKAP)
1701046006_Siti Mulyani_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (830kB)

Abstract

Sampah merupakan persoalan yang tidak hanya menjadi urusan pemerintah namun semua lapisan masyarakat, karena setiap aktivitas masyarakat yang pasti mengasilkan sampah, sehingga harus ada beberpa bentuk tanggung jawab dalam pengelolaan sampah. Dampah sampah pada kesehatan manusia dan makhluk hidup lainnya. Rumusan masalah yang pertama proses partisipasi kota dalam pengelolaan lingkungan melalui bank sampah, kedua tipologi masyarakatt dalam pengelolaan lngkungan.
Tujuan penelitian ini adalah proses partisipasi masyarakat dalam pengelolaan lingkungan melalui kegiatan Program BankkSampahh sami Aji dan tipologi pengelolaan lingkungan yang didasari pada program Bank Sampah Sami Aji. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus (case study). Dalam tehnik mengumpulkan data digunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawaancara. Analisis data digunakan tiga tahap: pertama, reduksi data, kedua penyajian atau paparan data, ketiga penarikan kesimpulan dan verikasi (conclusion drawing/verifying).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa; Pertama, Proses keterlibatan aktif masyarakat pengelolaan lingkungan Bank SampahhSami Aji mempunyai tiga tahapan, tahap perencanaan yaitu warga ikut serta dalam pengambilan keputusan melalui rapat. Selanjutnya tahap pelaksanaan diwujudkan dengan mengajak masyarakat melaksanakan program dalam pemilahan sampah, penimbangan sampah sampai pengangkutan pada pengepul sampah. Tahap menikmati hasil, pengurus bank sampah, nasabah bank sampah, selalu menikmati adanya hasil dari program bankksampaah, seperti menambah perekonomian, menjaga lingkungan, serta pengetahuan mengelola sampahh. Kedua, Tipologi dalam penelitian adalah tipologi bersifat interaktif, merupakan keterlibatan masyarakat seperti halnya menganalisis perencanan kegiatan program, pelasksaanaan kegiatan. Pelaksanaan keputusan masyarakatt mempunyai peran penting dalam mengontrol pelaksanaan keputusan, oleh karena itu seluruh pelaksanaan proses kegiatan masyrakat memiliki andil dalam sebuah aktiviats, berrawal dari pengambilan kepututsan, pelaksanan kegiatan, menikmati hasil. Diantara jenis-jenis tipologi yang terealisasi dalam pengelolaan lingkungan melalui program bank sampah Sami Aji diantaranya ialah, pasif partisipasi manipulatif, informatiff, konsulltatif, insentif, fungsional, interaktif, dan partisipasi mandiiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Masyarakat; Lingkungan; Bank Sampah Sami Aji
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 18 Dec 2021 03:17
Last Modified: 18 Dec 2021 03:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14838

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics