Manajemen tracer study di Sekolah Menengah Kejuruan (SMA) NU Ma’arif 01 Kudus

Sa'diyyah, Arlida Halimatus (2021) Manajemen tracer study di Sekolah Menengah Kejuruan (SMA) NU Ma’arif 01 Kudus. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503036114_ARLIDA_HALIMATUS_SA’DIYYAH] Text (SKRIPSI_1503036114_ARLIDA_HALIMATUS_SA’DIYYAH)
Arlida Halimatus Sadiyyah_1503036114_LENGKAP TUGAS AKHIR - arlida halimatus sa_diyyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang manajemen tracer study di SMK NU Ma’arif 01 Kudus. Hal tersebut dilatar belakangi oleh minimnya kegiatan tracer study atau pelacakan alumni yang dilakukan beberapa SMK/SMA dari sekian banyak sekolah menengah yang ada di Kabupaten Kudus. Diantara sekolah menengah yang sudah melakukan kegiatan tracer study dengan baik salah satunya adalah SMK NU Ma’arif 01 Kudus.
Pembahasan dari penelitian ini memuat perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tracer study di SMK NU Ma’arif 01 Kudus. Rumusan masalah yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana perencanaan tracer study di SMK NU Ma’arif 01 Kudus? 2) Bagaimana pelaksanaan tracer study di SMK NU Ma’arif 01 Kudus? 3) Bagaimana evaluasi dalam pengelolaan tracer study di SMK NU Ma’arif 01 Kudus? Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif deskriptif. Metode penelitian yang digunakan untuk menggali informasi dan data yang valid adalah teknik pengumpulan data metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Narasumber berasal dari kepala sekolah, waka humas, staff, dan alumni SMK NU Ma’arif 01 Kudus.
Teknik yang digunakan dalam uji keabsahan data ini adalah teknik triangulasi yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Menganalisis data dengan cara memilah data yang sesuai kebutuhan peneliti untuk diobservasi mana yang lebih diperlukan untuk penulisan laporan dalam bentuk teks naratif, menunjuk beberapa narasumber untuk melakukan wawancara seperti kepala sekolah dan pihak terkait kegiatan tracer study untuk mengetahui hasil data tersebut konkrit atau tidak dengan sumber yang didapat langkah selanjutnya dibuktikan dengan adanya dokumentasi. Analisis dilakukan saat peneliti berada dilapangan dengan cara mendeskripsikan semua data yang didapat.
Berdasarkan data hasil observasi yang dilakukan di SMK NU Ma’arif 01 Kudus menunjukkan bahwa: (1) Proses perencanaan dilakukan setiap satu tahun sekali dengan diadakannya rapat bersama kepala sekolah dan komite sekolah (2) Pelaksanaan tracer study, dilakukan setelah siswa lulus dari sekolah kemudian dalam jangka waktu 2 tahun lembaga masih memantau perkembangan alumninya, sehingga lembaga dapat membantu alumni yang masih kesulitan mencari pekerjaan dengan adanya alumni senior yang sudah mencapai puncak karir. Dalam pelaksanaan tracer study lembaga masih kesulitan melacak siswa yang berasal dari luar kota dan sudah lost kontak dengan siswa lainnya sehingga akan menghambat proses input database. (3) Evaluasi, dilakukan setiap pergantian semester dengan tujuan dapat memperbaiki kekurangan selama pelaksanaan tracer study. Adanya evaluasi membuat pihak sekolah mampu melihat kendala apa saja yang terjadi dalam pelaksanaan sehingga pihak sekolah mampu mengupayakan perbaikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pengelolaan tracer study
Dalam upaya meningkatkan kualitas mutu sekolah, maka disarankan kepada lembaga untuk memperbaiki sistem tracer study dengan baik dan sesuai dengan aturan dan teori yang ada salah satunya yaitu dengan menyediakan website resmi khusus tracer study di SMK NU Ma’arif 01 Kudus untuk semua jurusan dengan tujuan memudahkan alumni dan pengelola tracer study mengakses dan menginput data bisa melalui jarak jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Tracer study; SMK; Alumni
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.8 Students (kelaskan di sini kegiatan ekstra kurikuler, OSIS, dsb.), Note: Untuk Pramuka kelaskan di: 369
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 03:34
Last Modified: 18 Dec 2021 03:34
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14839

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics