Kurikulum perspektif gender: studi kasus di Institut Studi Islam Fahmina Cirebon

Hanik, Umi (2020) Kurikulum perspektif gender: studi kasus di Institut Studi Islam Fahmina Cirebon. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1600118040_UMI_HANIK] Text (TESIS_1600118040_UMI_HANIK)
1600118040_UMI HANIK_FULL_TESIS - Umi Hanik.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kurikulum perspektif gender di Institus Studi Islam Fahmina (ISIF) Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dengan jenis kualitatif dan perspektif perempuan yang menempatkan pengalaman perempuan sebagai fokus perhatian utama. Penelitian di lakukan di Institut Studi Islam Fahmina Cirebon dengan observasi, wawancara mendalam, studi dokumen, Focus Group Discussion (FGD) dan live in bersama mahasiswa sebagai proses penggalian datanya. Sedang analisis datanya menggunakan Gender Analysis Pathway (GAP). Hasilnya adalah; kurikulum perspektif gender dilaksanakan dengan tujuan membentuk sarjana Islam yang kritis, terbuka, bermartabat dalam tatanan social yang berkeadilan dan berkemanusiaan berbasis tradisi Islam dan kearifan budaya local. Konsep yang digunakan mengacu pada prinsip kemanusiaan, keadilan, kesetaraan dan keragaman dalam pengetahuan komprehensif berupa kurikulum sebagai substansi dan kurikulum sebagai studi kurikulum. Secara konsep, kurikulum perspektif gender belum menjadi sistem di ISIF. Sedangkan strategi dan cara kerja kurikulum mengacu pada 3 pilar, yakni; 1) berbasis intelektualisme pesantren, 2) mengaitkan teori-praktik-transformasi sosial, dan 3) mengarusutamakan perspektif keadilan, kemanusiaan, demokrasi, dan kebudayaan lokal. Pendekatan yang digunakan adalah contribution approach, transformational approach, dan social action approach. Sedangkan evaluasi kurikulum perspektif gender dilakukan melalui forum diskusi bersama tim penyusun dan belum ada instrument khusus yang digunakan untuk pelaksanaan proses evaluasi kurikulum perspektif gender.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum; Gender: ISIF Cirebon
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 375 Curriculums
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 86108 - Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 18 Dec 2021 04:00
Last Modified: 18 Dec 2021 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14843

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics