Pengaruh kemampuan finansial dan daftar tunggu terhadap minat haji dengan variabel religiusitas sebagai variabel moderating : studi kasus pendaftar haji pada KBIH Muslimat NU Kabupaten Tegal

Subekti, Siti Ria Veni Yusriyah (2021) Pengaruh kemampuan finansial dan daftar tunggu terhadap minat haji dengan variabel religiusitas sebagai variabel moderating : studi kasus pendaftar haji pada KBIH Muslimat NU Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1705036125_SITI_RIA_VENI_YUSRIYAH_SUBEKTI] Text (SKRIPSI_1705036125_SITI_RIA_VENI_YUSRIYAH_SUBEKTI)
SKRIPSI_1705036125_SITI_RIA_VENI_YUSRIYAH_SUBEKTI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (5MB)

Abstract

Minat Haji masyarakat kabupaten Tegal (Pendaftar Haji Pada KBIH Muslimat NU Kabupaten Tegal)seiring berjalannya waktu semakin meningkat, maka meningkat pula daftar tunggu pelaksanaan ibadah haji. Oleh karena itu kualitas pelayanan haji di masa yang akan datang akan ditentukan oleh sejauh mana pemerintah dalam mengantisipasi tingginya minat haji tersebut serta memecahkan persoalan daftar tunggu haji.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh Kemampuan Finansial dan Daftar Tunggu terhadap minat haji dengan variabel religiusitas sebagai variabel moderating. Objek penelitian ini adalah minat haji masyarakat kabupaten Tegal (Pendaftar Haji pada KBIH) .
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data menggunakan kuesioner. Model regresi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model regresi linier berganda dengan program SPSS Versi 16. Metode sampel yang digunakan adalah Random Sampling. Jumlah responden yang dijadikan yaitu sebanyak 95 sampel responden minat haji masyarakat Kabupaten Tegal.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa variabel Kemampuan Finansial dan Daftar Tunggu berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat haji. Dan variabel Religiusitas memoderasi variabel kemampuan finansial dan daftar tunggu terhadap minat haji masyarakat kabupaten Tegal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat haji; Religiusitas; Pendaftar haji; Kemampuan finansial; Daftar tunggu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Dec 2021 04:17
Last Modified: 18 Dec 2021 04:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14847

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics