Partisipasi masyarakat dalam program kampung tematik sebagai upaya pelestarian kesenian dan kebudayaan Jawa di Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Kota Semarang

Annisa, Rizqia (2021) Partisipasi masyarakat dalam program kampung tematik sebagai upaya pelestarian kesenian dan kebudayaan Jawa di Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701046014_Rizqia Annisa_SKRIPSI LENGKAP] Text (1701046014_Rizqia Annisa_SKRIPSI LENGKAP)
1701046014_Rizqia Annisa_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Rizqia Annisa (1701046014), Partisipasi Masyarakat dalam Program Kampung Tematik sebagai Upaya Pelestarian Kebudayaan dan Kesenian Jawa di Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Kota Semarang.
Modernisasi dan globalisasi menyebabkan masyarakat mulai terbuka dengan perkembangan, mengakibatkan perubahan sosial pada masyarakat, keterbukaan terhadap kebudayaan luar, dan mengakibatkan berkurangnya eksistensi budaya Jawa. Salah satu upaya pelestarian budaya Jawa adalah dengan menjadikan budaya Jawa menjadi daya tarik wisata pada kampung tematik. Pembangunan Kampung Tematik ini bertujuan untuk mengatasi kemiskinan terutama permasalahan pemenuhan kebutuhan dasar, mendorong perekonomian lokal dengan menggali potensi-potensi ekonomi kemasyarakatan sebagai stimulus pembangunan wilayah, serta peningkatan kualitas lingkungan rumah tinggal masyarakat. Tentunya pembangunan Kampung Tematik ini harus mengikutsertakan masyarakat dalam berpartisipasi, mulai dari tahap pengambilan keputusan saat perencanaan, tahap pelaksanaan rencana, menikmati hasil, hingga saat evaluasi.
Di Kota Semarang, Kelurahan Sukorejo merupakan salah satu Kelurahan yang dibentuk sebagai Kampung Tematik sejak tahun 2016. Maka dari itu penulis membuat rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam program Kampung Tematik di Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Kota Semarang?, (2) Bagaimana hasil dari partisipasi masyarakat dalam program Kampung Tematik di Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Kota Semarang?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Penulis menganalisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian: Bentuk partisipasi masyarakat dalam program kampung tematik sebagai upaya pelestarian kesenian dan kebudayaan Jawa di Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Kota Semarang terdiri dari: Partisipasi dalam pengambilan keputusan, pelaksanaan kegiatan, menikmati hasil, dan evaluasi. Hasil partisipasi masyarakat dalam program kampung tematik sebagai upaya pelestarian kesenian dan kebudayaan Jawa di Kampung Jawi Kelurahan Sukorejo Kota Semarang terdiri dari: Pemenuhan dan peningkatan sarana dan prasarana, pertumbuhan dan peningkatan ekonomi lokal, perubahan mindset dan perilaku warga dan keberdayaan masyarakat, menjadi inspirasi bagi kampung lain, munculnya titik kunjungan baru, bekerjasama dengan CSR, kebudayaan Jawa melekat di kehidupan masyarakat, kondisi sosial masyarakat semakin guyub.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Budaya Jawa; Kampung Tematik; Partisipasi Masyarakat; Pelestarian kesenian dan Kebudayaan
Subjects: 300 Social sciences > 306 Culture and institutions
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 18 Dec 2021 04:03
Last Modified: 18 Dec 2021 04:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14848

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics