Manajemen pendidikan life skill (di Pondok Pesantren al Mawaddah Hongosoco Jekulo Kudus)

Hilmy, Khoiron (2020) Manajemen pendidikan life skill (di Pondok Pesantren al Mawaddah Hongosoco Jekulo Kudus). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1503036094_KHOIRON_HILMY] Text (SKRIPSI_1503036094_KHOIRON_HILMY)
SKRIPSI_1503036094_KHOIRON_HILMY.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas manajemen pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Mawaddah Hongosoco Jekulo Kudus, penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Mawaddah Kudus? (2) ) Bagaimana pengorganisasian pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Mawaddah Kudus? (3) ) Bagaimana pelaksanaan pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Mawaddah Kudus? (4) Bagaimana evaluasi pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Mawaddah Kudus?
Penulis menggunakan penelitian kualitatif yang dilakukan secara langsung ke lapangan, Kemudian hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan pengasuh, pengurus dan santri di pondok pesantren Al-Mawaddah Kudus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan santri di tuntut mandiri dengan menyusun kegiatan perencanaan dengan menggunakan rapat dan di setujui oleh pengasuh. (2) Pengorganisasian pendidikan life skill di pondok pesantren Al-Mawaddah lenih menjurus ke pembagian kegiatan yang semua santri adalah mahasiswa IAIN Kudus, dengan kegiatan kampus, kegiatan pondok dan terutama kegatan life skill, tetapi semua dapat berjalan dengan baik, berkat kerja sama semua santri. (3) Pelaksanaan pendidikan life skill di ajarkan ber tujuan untuk membekali sanrtri dalam praktek langsung di lapanganh, semua berjalan dengan baik setiap harinya. (4) Evaluasi pendidikan life skill di lakukan setiap satu bulan sekali, tetapi bila di tjalan di temukan kendala maka langdung di lakukan evaluasi dan pembenahan, supaya dapat berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan life skill

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Life Skill dan Pondok Pesantren
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Dec 2021 04:09
Last Modified: 18 Dec 2021 04:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14850

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics