Pemberdayaan masyarakat melalui program perpustakaan desa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Desa Bakalan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang

Yuliyah, Alfi Rohmi (2021) Pemberdayaan masyarakat melalui program perpustakaan desa dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Desa Bakalan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701046039_ALFI ROHMI Y_SKRIPSI LENGKAP] Text (1701046039_ALFI ROHMI Y_SKRIPSI LENGKAP)
1701046039_Alfi Rohmi Yuliyah_Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Program Perpustakaan Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Desa Bakalan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang. Semarang: Program Strata 1 (S1) Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo, 2021.
Pembangunan sumber daya manusia memiliki peran penting dalam mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan sejahtera, sehingga memiliki daya saing dalam era globalisasi. Indikator penilaian dalam mengukur kualitas sumber daya manusia mencakup berbagai kriteria yaitu kemampuan fisik (kesehatan), kemampuan intelektual (kecerdasan), dan kemampuan psikologis (mental) serta kemampuan dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi. Kurangnya kualitas sumber daya manusia yang berkualitas menyebabkan ketidakberdayaan suatu masyarakat. Upaya untuk meningkatkan kulitas sumber daya manusia oleh Pemerintah Desa Bakalan adalah dengan pemberdayaan masyarakat melalui program Perpustakaan Desa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap suatu fenomena dan berorientasi untuk menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal dan argumentatif. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dengan menggunakan tehnik analisa Miles-Huberman dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan untuk proses penganalisaan data. Data kemudian di uji menggunakan tehnik triangulasi sumber dan tehnik.
Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah (1) Proses Pemberdayaan Masyarakat melalui program Perpustakaan Desa untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Desa Bakalan Kecamatan Kandeman Kabupaten Batang sudah berjalan dengan baik. Mulai dari tahap penyadaran yang dilakukan melalui sosialisasi, pemberian motivasi, dan promosi mengenai kegiatan Perpustakaan Desa, tahap pengkapasitasan ysitu dengan menambah pengetahuan dan keterampilan masyarakat, dan tahap pendayaan sebagai penyaluran dari kegiatan yang sudah dilakukan dengan memberikan masyarakat dana, fasilitas, maupun akses terhadap sumber informasi yang mereka butuhkan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. (2) Hasil pemberdayaan masyarakat melalui Program Perpustakaan Desa yaitu meningkatnya kualitas sumber daya manusia, bertambahnya pengetahuan dan keterampilan, meningkatnya kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga, serta meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Perpustakaan Desa; Kualitas Sumber Daya Manusia
Subjects: 000 Computer science, information, general works > 020 Library and information sciences > 021 Library relationships
300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 18 Dec 2021 04:30
Last Modified: 18 Dec 2021 04:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14854

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics