Makna kata saliḥ dalam Al-Qur’an : pendekatan semantik Toshihiko Izutsu

Ahmad, Wildan Fahdika (2021) Makna kata saliḥ dalam Al-Qur’an : pendekatan semantik Toshihiko Izutsu. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_Wildan_Fahdika_Ahmad] Text (SKRIPSI_Wildan_Fahdika_Ahmad)
1704026106_Wildan Fahdika Ahmad_Full Skripsi - Wildan Fahdika Ahmad.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan linguistik di tengah masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Muslim yang kitab sucinya adalah Al-Qur’an. Permasalahan linguistik tersebut khususnya terkait permasalahan semantis, di mana penggunaan bahasa oleh masyarakat Indonesia terdapat kejanggalan dalam mengartikan suatu kata kunci, yang dalam hal ini adalah suatu kata kunci yang diadaptasi oleh masyarakat Indonesia dari luar bahasa Indonesia, yaitu kata “ṣāliḥ” dari bahasa Arab. Sedangkan kata tersebut juga merupakan kata kunci dalam Al-Qur’an, yang menggunakan bahasa Arab.
Oleh karena permasalahan tersebut berkaitan dengan permasalahan penafsiran Al-Qur’an, dibutuhkan suatu metode penafsiran yang dirasa mampu mengatasinya. Keputusan yang diambil adalah dengan menggunakan metode semantik Al-Qur’an yang ditawarkan oleh Toshihiko Izutsu. Dengan begitu, yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah tentang“makna kata ṣāliḥ dalam tafsir Al-Qur’an” dan “makna kata ṣāliḥ dalam perspektif semantik Toshihiko Izutsu”.
Dengan memanfaatkan kitab tafsir secara umum dan metode semantik Al-Qur’an Toshihiko Izutsu secara khusus, akan dibahas mengenai makna dasar dari kata ṣāliḥ, yaitu penggunaan kata tersebut oleh masyarakat Indonesia, kemudian makna relasionalnya, medan semantiknya, dan weltanschauung (pandangan dunia/makna konseptual)nya dalam Al-Qur’an. Dari situ, akan terlihat perbedaan antara makna ṣāliḥ dalam penggunaannya oleh masyarakat Indonesia dengan makna konseptual (weltanschauung) dalam Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Al-Qur'an; semantik; Toshihiko Izutsu
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1226 Interpretation and Criticism
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76131 - Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (S2)
Depositing User: Bahrul Ulumi
Date Deposited: 18 Dec 2021 04:53
Last Modified: 18 Dec 2021 04:53
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14855

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics