Pengaruh komitmen agama, kepercayaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah di perbankan syariah : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang pengguna mobile banking BSI mobile

Fitriana, Ardhea Regita (2021) Pengaruh komitmen agama, kepercayaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah di perbankan syariah : studi kasus mahasiswa UIN Walisongo Semarang pengguna mobile banking BSI mobile. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Skripsi_1705036133_Ardhea_Regita_Fitriana] Text (Skripsi_1705036133_Ardhea_Regita_Fitriana)
Skripsi_1705036133_Ardhea_Regita_Fitriana.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh komitmen agama, kepercayaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sementara itu, data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan sekunder dengan metode pengumpulannya menggunakan metode kuesioner (angket) dengan menggunakan skala pengukuran likert. Pada penelitian ini Sampel yang diteliti sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode non probability sampling. Dalam penulisan penelitian ini digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan program SPSS versi 22.
Hasil dari analisis penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa komitmen agama (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dilihat dari uji t dengan signifikansi 0,002 < 0,05, dengan nilai t hitung sebesar 3,261. Variabel kepercayaan (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dilihat dari uji t dengan signifikansi 0,028 < 0,05, sedangkan nilai t hitung yaitu sebesar 2,229. Dan . Variabel kualitas layanan (X3) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dilihat dari uji t dengan signifikansi 0,000 < 0,05, sedangkan nilai t hitung yaitu sebesar 3,928. Dan secara bersama-sama menunjukkan bahwa komitmen agama, kepercayaan dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.

ABSTRACT:
The purpose of this study was to examine the effect of religious commitment, belief and service quality on customer satisfaction. The type used in this research is quantitative research. Meanwhile, the data used in this study are primary and secondary data with the method of collecting it using a questionnaire (questionnaire) using a Likert measurement scale. In this study, the sample studied was 100 respondents. The sampling technique was carried out using a non-probability sampling method. In analyzing the author uses multiple linear regression analysis using the SPSS version 22 program.
The results of the research analysis obtained indicate that religious commitment (X1) has a positive and significant effect on customer satisfaction as seen from the t-test with a significance of 0.002 <0.05, with a t-count value of 3.261. The trust variable (X2) has a positive and significant effect on customer satisfaction as seen from the t-test with a significance of 0.028 <0.05, while the t-count value is 2.229. and . The service quality variable (X3) has a positive and significant effect on customer satisfaction as seen from the t-test with a significance of 0.000 <0.05, while the t-count value is 3.928. And together, it shows that religious commitment, belief and service quality have a positive and significant effect on customer satisfaction.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komitmen agama; Kepercayaan; Kualitas layanan; Kepuasan nasabah; Perbankan syariah; Mahasiswa; Mobile banking
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Dec 2021 06:18
Last Modified: 18 Dec 2021 06:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14860

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics