Pendampingan masyarakat berbasis majelis taklim (studi pada Majelis Taklim Roja’ul Khoir Griya Mijen Permai Mijen Kota Semarang)

Faroqi, Muhammad Muhlis (2021) Pendampingan masyarakat berbasis majelis taklim (studi pada Majelis Taklim Roja’ul Khoir Griya Mijen Permai Mijen Kota Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701046041_MUHAMMAD MUHLIS FAROQI_SKRIPSI LENGKAP] Text (1701046041_MUHAMMAD MUHLIS FAROQI_SKRIPSI LENGKAP)
1701046041_Muhammad Muhlis Faroqi_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Muhammad Muhlis Faroqi (1701046041), Penelitian ini berjudul “Pendampingan Masyarakat Berbasis Majelis Taklim (Studi Pada Majelis Taklim Roja’ul Khoir Griya Mijen Permai Mijen Kota Semarang)”. Pendampingan masyarakat berbasis majelis merupakan pendampingan yang dilakukan dalam rangka membantu jama’ah atau masyarakat untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara mandiri. Salah satu yang menerapkan hal tersebut adalah Majelis Taklim Roja’ul Khoir sebagai upaya menyertakan masyarakat dalam mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki sehingga mampu mencapai kualitas kehidupan yang lebih baik. Majelis taklim sebagai salah satu bentuk pendidikan Islam non formal, mempunyai tugas membina masyarakat khususnya yang pengetahuan dan pemahaman ilmu keagamaan-Nya masih rendah. Hal unik dari majelis taklim ini adalah karena berada di perumahan yang bisa mencanangkan program sangat inovatif. Maka dari itu peneliti membuat rumusan masalah berupa: 1) Bagaimana tahapan dalam pelaksanaan pendampingan masyarakat berbasis Majelis Taklim Roja’ul Khoir di Griya Mijen Permai Mijen Kota Semarang? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pendampingan masyarakat berbasis Majelis Taklim Roja’ul Khoir di Griya Mijen Permai Mijen Kota Semarang?.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, peneliti terlibat langsung dalam menggali data. Setelah data terkumpul peneliti menganalisis data dengan menggunakan teorinya Miles dan Hiberman, meliputi reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pendampingan masyarakat berbasis Majelis Taklim Roja’ul Khoir di Griya Mijen Permai Mijen Kota Semarang menggunakan melalui beberapa tahapan yaitu: tahapan pengembangan masyarakat meliputi tahap pemaparan masalah, analisis masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perencanaan aksi, pelaksanaan dan evaluasi. 2) Faktor pendukung pendampingan masyarakat di Majelis Taklim Roja’ul Khoir yakni, secara internal semangat jama’ah/masyarakat yang tinggi, dana, adanya mushola, sarana dan prasarana yang memadai, dan ukhwah Islamiyah. secara eksternal adanya Remaja Mushola (IRAMA AIR) dan program yang inovatif. Sementara faktor penghambat yakni, secara internal waktu, sedangkan secara ekternal adanya Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendampingan Masyarakat; Majelis Taklim
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:05
Last Modified: 18 Dec 2021 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14865

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics