Pemikiran dakwah kontemporer Hamka dan relevansinya dalam pengembangan masyarakat Islam

Maimanati, Fatia (2021) Pemikiran dakwah kontemporer Hamka dan relevansinya dalam pengembangan masyarakat Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701046044_Fatia Maimanati_SKRIPSI LENGKAP] Text (1701046044_Fatia Maimanati_SKRIPSI LENGKAP)
1701046044_ Fatia Maimanati_ FULL SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nama: Fatia Maimanati. NIM: 1701046044. Judul: Pemikiran Dakwah Kontemporer HAMKA dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Masyarakat Islam.
Usaha dalam berdakwah saat ini sangat beraneka ragam agar yang dilakukan sesuai dengan perkembangan zaman Kehidupan sehari-hari dakwah harus dilakukan oleh setiap orang. Apalagi saat ini kita sebagai orang-orang yang di persiapkan untuk pengembangan dakwah, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Saat ini dunia di hadapkan pada kondisi yang semuanya serba modern. Kita sebagai masyarakat yang di tuntut berkembang dan mengembangkan masyarakat yang ada di sekitar kita. Yang kita lakukan sebagai pengembang masyarakat yang dapat mengembangkan masyarakat melalui dakwah. Sebagai warga masyarakat yang mempunyai kebutuhan baik itu kebutuhan jasmani maupun rohaninya. Melakukan dakwah sebagaimana yang di praktekkan oleh Rasulullah SAW dan sahabatnya dan para ulama seakarang merupakan contoh implementasi pengembangan masyarakat di bidang dakwah dan melakukan amar ma’ruf nahi mungkar. Namun demikian seorang dai harus melakukan sesuai dengan kemampuanya masing-masing. Islam yang kita anut merupakan agama yang paling mulia sehingga harus melakukan amar ma’ruf nahi munkar dimana saja dan kapan saja.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana dakwah kontemporer yang digunakan Prof. DR. H. Abdul Malik Karim Amrullah , (2)Bagaimana pemikiran dakwah Kontemporer dan Relevansinya dalam Pengembangan Masyarakat Islam menurut pemikiran Prof.DR. H. Malik Karim Amrullah. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui dan mendeskripsikan dakwah Kontemporer menurut pemikiran Prof. DR. H. Malik Karim Amrullah Untuk mengetahui bagaimana pemikiran dakwah Kontemporer dan Relevansinya dalam Pengembangan Masyarakat Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatifa dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data pada dalam penelitian ini menggunakan metode library research atau kepustakaan. Menurut Patton analisis data merupakan proses mengatur urutan data, mengorganisisr kedalam suatu pola kategori dan satuan uraian dasar.

Hasil kesimpulan penelitian ini adalah kita dapat menjadikan Buya Hamka sebagai salah satu contoh ulama yang sederhana dengan ilmu yang luas dan merupakan sosok ulama’ kontemporer yang kharismatik serta tinggi ilmunya, terlebih terkait dengan ilmu keagamaan dan perkembangan dakwah khususnya yang ada di Nusantara ini. Kita sebagai penerus bangsa dapat meniru cara beliau dalam berdakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah Kontemporer; Pengembangan Masyarakat; Buya Hamka
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:23
Last Modified: 18 Dec 2021 07:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14871

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics