Pengaruh persepsi bimbingan orang tua, motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa MTs Negeri 1 Demak

Masmu'ah, Masmu'ah (2021) Pengaruh persepsi bimbingan orang tua, motivasi dan disiplin terhadap prestasi belajar siswa MTs Negeri 1 Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1703018095_MASMU'AH] Text (SKRIPSI_1703018095_MASMU'AH)
SKRIPSI_1703018095_MASMU'AH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

sehingga kurang memberikan perhatian terhadap perkembangan pendidikan anak-anaknya. Sementara beberapa peneliti menyatakan bahwa perhatian orang tua terhadap proses pendidikan anak-anaknya sangat berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Adakah pengaruh bimbingan orang tua terhadap motivasi belajar? (2) Adakah pengaruh motivasi belajar terhadap diiplin belajar terhadap prestasi belajar? (3) Adakah pengaruh bimbingan orang tua secara tidak langsung terhadap prestasi belajar (melalui motivasi dan disiplin belajar)? Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 1 Demak,dengan melibatkan siswa/isebanyak 260sebagairesponden.Fakta-fakta yang dialami respondendikaji dengan menggunakan angket yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang merefleksi persepsi responden terhadap variabel yang diteliti. Datanya diperoleh dengan cara penyebaran angket dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan analisisuji prasyarat, analisis statistik diskriptif dan analisis jalur.
Hasil temuanpenelitian ini menunjukkan bahwa:(1) Terdapat pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Motivasi Siswa terhadap Disiplin Belajar. Hal ini ditunjukkan skor F pada tabel Anova sebesar 4.826 pada taraf signifikansi 0,009 (di bawah 0,05). (2)Tidak terdapat pengaruh Motivasi Belajar terhadap Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar. Hal ini ditunjukkan skor F pada tabel Anova pada taraf signifikansi 0,524 (lebih besar 0,05). (3) Terdapat pengaruh Bimbingan Orang Tua, terhadap Prestasi Belajar melalui Motivasi Siswa dan Disiplin Belajar. Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikansi 0.000 dimana nilai tersebut kurang dari 0.005 sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Temuan penelitian merekomendasikan beberapa hal. Pertama, keterlibatan orang tua

perlu ditingkatkan terutama dalam memberikan bimbingan belajar kepada anak.Kedua, dengan memiliki motivasi dan disiplin yang tinggi dalam belajar maka pencapaian prestasi siswa akan semakin meningkat. Ketiga, keterlibatan orang tua memiliki andil dalam memberikan persiapan yang baik untuk anak dalam mencapai prestasi dengan memberikan motivasi dan membiasakan disiplin kepada anak dalam belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Parental Guidance; Motivation and Discipline ; MTS Negeri 1 Demak;
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ukhtiya Zulfa
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:27
Last Modified: 18 Dec 2021 07:27
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14872

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics