Pemberdayaan masyarakat melalui program kampung tematik budidaya jambu kristal di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang

Ningrum, Ratih Puspita (2021) Pemberdayaan masyarakat melalui program kampung tematik budidaya jambu kristal di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1701046059_RATIH PUSPITA NINGRUM_SKRIPSI LENGKAP] Text (1701046059_RATIH PUSPITA NINGRUM_SKRIPSI LENGKAP)
1701046059,_Ratih Puspita Ningrum_Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan masyarakat bertujuan mengembangkan individu dan kelompok melalui penguatan kapasitas (termasuk kesadaran, pengetahuan dan keterampilan-keterampilan) yang diperlukan untuk mengubah kualitas kehidupan komunitas mereka. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pemberdayaan masyarakat melalui program kampung tematik budidaya Jambiu Kristal di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. (2) Bagaimana hasil pemberdayaan masyarakat melalui program kampung tematik budidaya Jambiu Kristal di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemberdayaan masyarakat melalui program kampung tematik budidaya Jambiu Kristal di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang dan hasil dari pemberdayaan masyarakat melalui program kampung tematik budidaya Jambiu Kristal di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagaiberikut: Pertama, proses pemberdayaan masyarakat melalui program kampung tematik budidaya Jambu Kristal di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang dapat dilihat tiga tahap: Tahap penyadaran dan tahap pembentukan prilaku, tahapan transformasi kemampuan, tahap peningkatan kemampuan intelektual. Kedua, pemberdayaan masyarakat melalui program kampung tematik budidaya Jambu Kristal di Kelurahan Wates Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang menghasilkan beberapa hal yaitu meningkatkan taraf hidup masyarakat secara ekonomi, keeratan hubungan hidup masyarakat, kesadaran hidup bersama-sama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Kampung Tematik; Budidaya Jambu Kristal
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes > 303.4 Social change
300 Social sciences > 330 Economics > 338 Production
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70231 - Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 18 Dec 2021 07:52
Last Modified: 18 Dec 2021 07:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14882

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics