Arah kiblat pemakaman Raden Fattah di Demak

Aliyah, Munfiqotul (2021) Arah kiblat pemakaman Raden Fattah di Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 1502046105_Munfiqotul Aliyah_SKRIPSI LENGKAP] Text (1502046105_Munfiqotul Aliyah_SKRIPSI LENGKAP)
1502046105_Munfiqotul Aliyah_Lengkap Tugas Akhir.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pada tahun 2010 arah kiblat Masjid Agung Demak dilakukan pengecekan ulang menggunakan Rasdhul kiblat tahunan yang jatuh pada tanggal 15-16 Juli pukul 16.27 WIB (hari dimana saat matahari berada tepat di atas Ka’bah sehingga bayangan menunjuk ke arah kiblat), Dari hasil pengecekan ulang tersebut diketahui bahwa arah kiblat Masjid Agung Demak kurang 12º 1’ ke arah utara. Sebelah utara Masjid Agung Demak terdapat komplek pemakaman yang antara lain ada makam Raden Fattah.
Untuk arah kiblat komplek pemakaman Raden Fattah sendiri, belum diketahui apakah arah kiblat yang dipergunakan itu mengikuti bangunan Masjid Agung Demak atau tidak. Jika mengikuti arah kiblat Masjid Agung Demak maka ada kemungkinan arah kiblat komplek pemakaman Raden Fattah juga tidak sesuai arah kiblat, yakni kurang 120 1’ ke arah utara. Apabila tidak mengikuti arah kiblat Masjid Agung Demak maka perlu pengecekan ulang tentang arah kiblat komplek pemakaman Raden Fattah, apa sudah sesuai arah kiblat atau tidak.
Menghadapkan jenazah ke arah kiblat ketika pengebumiannya adalah sebuah keutamaan. Sebagaimana Rasulullah dan para sahabat ketika dimakamkan, jasad mereka dihadapkan ke arah kiblat. Syafi’iyyah, Hanafiyyah dan Imamiyyah berpendapat bahwa hal tersebut menjadi sebuah kewajiban. Sedangkan Hanabilah dan Malikiyyah mengatakan sunnah.
Penelitian ini bersifat Lapangan ( field reseach ) di mana data primernya adalah hasil wawancara dengan pihak Masjid Agung Demak. Data sekundernya adalah seluruh dokumentasi berupa buku, artikel, tulisan, makalah, dan semua yang berkaitan dengan objek penelitian. Data-data tersebut kemudian dianalisis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan metode analisis isi (content analisis).
Raden Fattah adalah pendiri Kesultanan Demak yang memerintah tahun 1475-1518. Makam Raden Fattah berada di sebelah utara Masjid Agung Demak, karena dilihat dari beberapa aspek yang mendasari diantaranya Pertama aspek Pemerintahan. Kedua aspek Adabiyah dan Ketiga Aspek Filosofis.
Sejarah pengukuran arah kiblat komplek pemakaman Raden Fattah tidak lepas dari sejarah arah kiblat Masjid Agung Demak, karena bangunan komplek pemakaman Raden Fattah mengikuti arah bangunan Masjid Agung Demak
Dari hasil penelitian pengecekan ulang arah kiblat pada tanggal 16 Juli 2020 pukul 16.27 WIB, dengan menggunakan metode Rasdhul Kiblat, maka komlpek pemakaman Raden Fattah kurang 12º 1’ ke arah utara. Yang mana pergeseran 1 derajat di daerah Indonesia yang berada di katulistiwa akan menyebabkan kemelencengan 111 derajat dari kota Makkah. Namun dalam hal ini komplek pemakaman Raden Fattah tidak perlu dibongkar ulang walaupun arah kiblatnya tidak sesuai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Arah Kiblat; Pemakaman; Raden Fatah; Demak
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 520 Astronomy and allied sciences
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 50202 - Ilmu Falak
Depositing User: Ana Afida
Date Deposited: 19 Dec 2021 14:48
Last Modified: 19 Dec 2021 14:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14884

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics