Budaya organisasi dalam mendukung aktivitas dakwah di Yayasan Persadani Semarang (yayasan eks narapidana teroris)

Hastuti, Yuni Dwi (2021) Budaya organisasi dalam mendukung aktivitas dakwah di Yayasan Persadani Semarang (yayasan eks narapidana teroris). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036037_YUNI_DWI_HASTUTI_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036037_YUNI_DWI_HASTUTI_Lengkap)
SKRIPSI_1701036037_YUNI_DWI_HASTUTI_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Yuni Dwi Hastuti (1701036037). Budaya Organisasi Dalam Mendukung Aktivitas Dakwah di Yayasan Persadani Semarang (Yayasan Eks Narapidana Terroris).
Budaya organisasi merupakan aspek penting dalam sebuah organisasi. Budaya organisasi membentuk dukungan internal yang dipahami secara bersama oleh anggota organisasi dalam mendukung aktivitas dakwah. Yayasan Persadani merupakan bagian dari penggerak dakwah yang pelaksanaan dakwahnya memandang penting budaya organisasi sebagai faktor pendukung internal.
Penelitian ini ingin menguji pertanyaan tentang bagaimana budaya organisasi dibentuk oleh Yayasan Persadani Semarang, bagaimana yayasan Persadani melaksanakan aktivitas dakwah dan bagaimana budaya organisasi memberi dukungan aktivitas dakwah di Yayasan Persadani. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data untuk menjawab pertanyaan diatas adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu, data tersebut diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber, dimana penulis memilih triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Setelah data terkumpul maka dianalisis menggunakan reduksi data, kemudian penyajian data, lalu kesimpulan atau Verifikasi data.
Temuan dalam penelitian ini meliputi budaya organisasi Persadani mewujud dalam nilai (1) tanggungjawab, (2) toleransi (3) solidaritas (4) setia pada misi (5) disiplin. Nilai-nilai tersebut dibentuk melalui proses penanaman dari cerita-cerita, ritual, simbol material dan bahasa.Budaya organisasi tersebut mendukung proses dakwah oleh Persadani yang termaktub dalam beberapa kegiatan. Pertama, RT-RW. Kedua, budidaya ikan air tawar dan pengelolaan pariwisata air. Ketiga, pembagian masker di beberapa wilayah Semarang. Keempat, penyemprotan desinfektan di Masjid daerah Semarang. Kelima, ta’lim di Masjid Darussalam, Pamularsih, Semarang. Keenam, sosialisasi deradikalisasi di lingkungan kampus dan pesantren. Ketujuh,baksos untuk ketahanan pangan kepada masyarakat di sekitar para anggota Persadani. Kedelapan, sosialisasi deradikalisasi melalui buku. Kesembilan, musyawarah rutin dengan sesama anggota.
Budaya organisasi yayasan Persadani telah melahirkan perilaku prestatif dari anggota yayasan, khususnya dalam melaksanakan program-program yayasan yang secara tidak langsung termaktub nilai dakwah di dalamnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa lima budaya organisasi yang terbentuk melalui prosesnya telah mendukung aktivitas dakwah secara baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Budaya organisasi; Aktivitas dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 10 Jan 2022 08:10
Last Modified: 10 Jan 2022 08:10
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14891

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics