Strategi Fundraising Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Jawa Tengah dalam pengumpulan ZIS di era pandemi Covid – 19 (periode maret 2020 – juni tahun 2020)

Ruhama, Lika (2021) Strategi Fundraising Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Jawa Tengah dalam pengumpulan ZIS di era pandemi Covid – 19 (periode maret 2020 – juni tahun 2020). Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036036_LIKA_RUHAMA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036036_LIKA_RUHAMA_Lengkap)
SKRIPSI_1701036036_LIKA_RUHAMA_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Lika Ruhama. 1701036036. Startegi Fundraising Inisisatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah dalam Pengumpulan ZIS di Era Pandemi Covid-19 (Periode Maret tahun 2020-Juni Tahun 2020).
Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada berbagai sektor atau multidimensi menjadikan krisis kesehatan, ekonomi, politik, sosial, dll. Krisis kesehatan yang berdanpak pada laju perekonomian menyebabkan keadaan yang tidak ideal dalam melakukan aktivitas. Pemerintah menkonfirmasi pada Maret 2020 Virus Corona telah masuk ke Indonesia, sehingga dikeluarkannya Peraturan-Peraturan Pemerintah sebagai upaya penanggulanagn penyebaran dan penularan Virus Corona, diantaranya peraturan Sosial Distancing, Work From Home (WFH), PSBB, Daring, penerapan Protokol kesehatan, dll. Kebijakan tersebut menyebabkan terhambatnya laju perekonomian Negara, sehingga meningkatnya jumlah kemiskinan di Indonesia. Hal ini menjadi kajian baru bagi lembaga maupun organisasi zakat dalam hal penghimpunan Dana ZIS atau yang dikenal dengan kegiatan Fundraising karena kurangnya ruang gerak untuk melakukan kegiatan penghimpunan zakat. Strategi Fundraising yang tepat, matang dan fleksibel dengan perubahan zaman sangat dibutuhkan terlebih ditengah pandemi. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaiman strategi fundraising di Inisisatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah dalam pengumpulan ZIS di Era Pandemi Covid-19 (Periode Maret Tahun 2020- Juni Tahun 2020).
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis mengguankan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan penelitin yakni data primer (data utama) dan data sekunder (data pendukung). Setelah data terkumpul maka akan dianalisis dengan tahapan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian yakni Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah tetap mengikuti strategi Fudraising yang sudan direncanakan pada awal tahun namun pada saat pandemi mengalami perubahan pola yang mana hampir segalanya melalui digital. Metode yang digunakan yakni metode direct fundraising dan indirect fundraising, pelayanan zakat yang disediakan yakni via transfer, via tokopedia, via LinkAja, OVO, via Jemput zakat namun hanya berkisar 10%. Adapun upaya yang dilakukan IZI Jawa Tengah untuk meningkatkan Fundraising melalui beberapa hal: pertama, gencar melakukan sosialisasi zakat; kedua, melakukan pendekatan melalui program-program; ketiga, melakukan pendekatan emosional, dengan menyentuh hati nurani donatur; keempat, menjalin dan menambah kepercayaan donatur, dengan sistem keuangan yang transparan, profesionalitas dan sikap yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi fundraising; ZIS; Pandemi; Covid-19
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:58
Last Modified: 07 Jan 2022 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14893

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics