Persepsi mad'u terhadap dakwah KH. Subhan Ma'mun di Kabupaten Brebes

Lestari, Intan (2021) Persepsi mad'u terhadap dakwah KH. Subhan Ma'mun di Kabupaten Brebes. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of TESIS_1900018037_Intan_Lestari] Text (TESIS_1900018037_Intan_Lestari)
1900018037_Intan Lestari_FULL TESIS - Intan Lestari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi mad’u terhadap aktivitas dakwah yang dilakukan KH. Subhan Ma’mun di Kabupaten Brebes. Tujuan penelitian ini yakni untuk mengetahui klasifikasi mad’u KH. Subhan Ma’mun dan persepsi mad’u terhadap dakwah KH. Subhan Ma’mun di Kabupaten Brebes. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan perbandingan dan psikologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi dan membercheck, triangulasi dibagi menjadi dua yakni triangulasi sumber data dan triangulasi teknis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa klasifikasi mad’u KH. Subhan Ma’mun yaitu: Pertama, jika dilihat dari segi sosiologis, mad’u KH. Subhan Ma’mun berasal dari berbagai desa bahkan Kabupaten seperti Cirebon, Brebes, Tegal, dan Pemalang. Kedua, jika dilihat dari segi usia, mad’u KH. Subhan Ma’mun paling muda berusia 15 tahun dan paling tua berusia 73 tahun. Ketiga, jika dilihat dari segi pendidikan, mad’u KH. Subhan Ma’mun terdiri dari lulusan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, D3, S-1, dan S-2. Keempat, jika dilihat dari segi profesi, mad’u KH. Subhan Ma’mun terdiri dari wiraswasta, petani, penjahit, pedagang, pelajar/mahasiswa/ santri, guru, dan dosen.
Sementara hasil persepsi mad’u terhadap dakwah KH. Subhan Ma’mun menunjukkan bahwa mad’u KH. Subhan Ma’mun lebih memilih untuk mengikuti kajian dakwah secara konvensional. Hal ini dikarenakan akses yang masih bisa dijangkau dan ada sebagian mad’u yang tidak terlalu memahami dunia digital bahkan tidak memiliki hp android. Kemudian persepsi mad’u terhadap dakwah KH. Subhan Ma’mun bisa dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek kognisi meliputi: Pertama, mad’u bisa menerima dan memahami tausiyah KH. Subhan Ma’mun. Kedua, KH. Subhan Ma’mun memiliki pengetahuan yang cukup luas salah satunya mahir dalam ilmu Nahwu Shorof. Ketiga, selain metode dakwah bil-hikmah, mauidzah hasanah, dan mujadalah, KH. Subhan Ma’mun juga menggunakan metode home visit supaya bisa dekat dengan warganya. Aspek afeksi diantaranya: Pertama, mad’u menyukai ceramah KH. Subhan Ma’mun dikarenakan apa yang disampaikan KH. Subhan Ma’mun seperti cerminan perilaku beliau dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, KH. Subhan Ma’mun berdakwah dengan ikhlas. Aspek konasi meliputi: Pertama, jika nasehat beliau diamalkan efek positifnya sangat terasa dalam kehidupan. Kedua, lingkungan sekitar mempengaruhi perilaku individu dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Persepsi; Mad’u; Dakwah KH. Subhan Ma’mun
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2) > 76103 - Ilmu Agama Islam (S2)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:22
Last Modified: 07 Jan 2022 03:22
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14894

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics