Peran takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten sragen dalam peningkatkan kegiatan sosial keagamaan jama’ah

Labibah, Nisrina (2021) Peran takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten sragen dalam peningkatkan kegiatan sosial keagamaan jama’ah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036033_NISRINA_LABIBAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036033_NISRINA_LABIBAH_Lengkap)
SKRIPSI_1701036033_NISRINA_LABIBAH_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Nisrina Labibah. 2021. Peran Takmir Masjid Raya Al-Falah Kabupaten Sragen Dalam Peningkatan Kegiatan Sosial Keagamaan Jama’ah. Skripsi, Semarang : Fakultas Dakwah dan Komunikasi Uin Walisongo Semarang. Dosen Pembimbing Drs. Kasmuri, M.Ag
Masjid tidak hanya dibangun tapi juga harus dimakmurkan. Umumnya masjid hanya difungsikan sebagai tempat ibadah dan bukan hanya simbolis seorang muslim.. Banyak program kegiatan yang lain untuk dapat memakmurkan masjid yang belum dapat diterapkan di berbagai masjid. Oleh karenanya, disini peran takmir sangatlah penting dalam upaya menghidupkan masjid. dengan kegiatan yang salah satunya kegiatan sosial keagamaan jama’ah. Dengan ini takmir masjid Raya Al-Falah Sragen menyebarkan dakwah dengan menjadikan masjid sebagai pusat peradaban islam. Tujuan takmir masjid Raya Al-Falah ini agar dapat menjadi contoh masjid yang lain.
Tujuan dari penelitian ini adalah, pertama untuk dapat mengetahui upaya peran takmir masjid Raya Al-Falah kabupaten Sragen dalam meningkatkan kegiatan sosial keagamaan jama’ah. Kedua mengetahui apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peran takmir Masjid Raya Al-Falah dalam meningkatkan kegiatan sosial keagamaan jama’ah.
Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif dengan jenis analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung dengan pihak terkait dengan subjeknya. Teknik analisis data yang digunakan yaitu, reduksi data, display data, dan verifikasi.
Berdasarkan dari hasil penelitian ditemukan bahwa takmir Masjid Raya Al-Falah Sragen memiliki strategi yang bagus dalam upaya meningkatkan kegiatan sosial keagamaan jama’ah. Kegiatan sosial keagamaan tersebut pastinya juga didukung dari fasilitas, layanan, dan dana yang memadai. Masjid ini juga terkenal dengan Masjid ramah musafir. Disini dapat dilihat dari berjalannya berbagai kegiatan yang ada dan juga memberikan efek dan dampak positif untuk jama’ah dan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Masjid; Peran takmir; Kegiatan sosial; Keagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places. Pilgrims
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:48
Last Modified: 27 Dec 2021 03:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14895

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics