Studi pengelolaan dan pendistribusian dana ZIS dalam program Gerakan Orang Tua Asuh Al Azhar (GOTAAZ) Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar Cilacap Jawa Tengah

Ningmah, Fitrotul Lu’lu ‘In (2021) Studi pengelolaan dan pendistribusian dana ZIS dalam program Gerakan Orang Tua Asuh Al Azhar (GOTAAZ) Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar Cilacap Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036024_FITROTUL_LU’LU‘IN_NINGMAH_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036024_FITROTUL_LU’LU‘IN_NINGMAH_Lengkap)
SKRIPSI_1701036024_FITROTUL_LU’LU‘IN_NINGMAH_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Fitrotul Lu’lu ‘In Ningmah, 1701036024. STUDI PENGELOLAAN DAN PENDISTRIBUSIAN DALAM PROGRAM GERAKAN ORANG TUA ASUH AL AZHAR (GOTAAZ) LEMBAGA AMIL ZAKAT (LAZ) AL AZHAR CILACAP JAWA TENGAH.
Kondisi masyarakat yang kurang mampu sangatlah perlu untuk dibantu, maraknya kemiskinan yang semakin naik karena banyaknya angka pengangguran, sehingga anak-anak yang seharusnya menikmati indahnya jenjang pendidikan sekolah kini mereka tidak bisa merasakan. Pihak pemerintahan juga belum bisa meminimalisir angka anak yang belum bisa bersekolah lanjut, sehingga kemiskinan yang terjadi akan semakin bertambah. Dari sini sangat perlu untuk mencari solusi untuk mengatasi problematika tersebut. Maka dari itu kita sebagai seorang muslim harus bisa mengajak kebaikan walaupun sedikit seperti mengajak kebaikan untuk saling tolong menolong dengan cara menyedekahkan sebagian harta kita untuk mereka demi adanya pengentasan kemiskinan.
Rumusan masalah didalam penelitian ini disusun dalam bentuk pertanyaan , yaitu “bagaimana kegiatan pegelolaan program Gerakan Orang Tua Asuh Al Azhar (GOTAAZ) Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar Cilacap Jawa Tengah dan bagaimana pendistribusian program Gerakan Orang Tua Asuh Al Azhar (GOTAAZ) Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar Cilacap Jawa Tengah.dalam manajemen keuangan dari dana zakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses kegiatan pengelolaan dana zakat dalam progam GOTAAZ di LAZ Al Azhar Cilacap dan untuk mengetahui proses prnfistribusian dana zakat juga dalam program GOTAAZ.
Metode penelitian yang dipakai adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan lokasi penelitian Lembaga Amil Zakat (LAZ) Al Azhar Cilacap Jawa Tengah. Didalam mengumpulkan data ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi yang berkaitan dengan LAZ Al Azhar Cilacap Jawa Tengah.
Penelitian ini akan membahas mengenai kegiatan pengelolaan dan kegiatan pendistribusian dana zakat untuk mereka para penerima zakat. Seperti yatim, piatu dan dhuafa agar bisa mengenyam pendidikan secara normal yakni dari SD sampai dengan SMA, paling menarik adalah beasiswa pendidikan itu berlanjut.
Berdasaran persoalan diatas, diharapkan semua muslim agar saling menggenggam tangan mereka dengan cara mengulurkan tangan untuk yang membutuhkan. Karena didalam sebagian rezeki kita ada sebagian hak mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan dana zakat; GOTAAZ; Pendistribusian GOTAAZ.
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:58
Last Modified: 07 Jan 2022 03:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14900

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics