Metode bimbingan agama dalam meningkatkan motivasi beribadah pada penyandang tunanetra di Yayasan Raudlatul Makfufin (taman tunanetra) Serpong Tanggerang Selatan

Luthfi, Anisa Meila (2021) Metode bimbingan agama dalam meningkatkan motivasi beribadah pada penyandang tunanetra di Yayasan Raudlatul Makfufin (taman tunanetra) Serpong Tanggerang Selatan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701016102_ANISYA_MEILA_LUTHFI] Text (SKRIPSI_1701016102_ANISYA_MEILA_LUTHFI)
1701016102_Anisya Meila Luthfi_TUGAS AKHIR - anisya meila.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Metode Bimbingan Agama dalam meningkatkan Motivasi Beribadah pada Penyandang Tunanetra di Yayasan Raudlatul Makfufin (Taman Tunanetra) Serpong Tanggerang Selatan ini dilatarbelakangi oleh kondisi motivasi beribadah pada penyandang tunanetra yang rendah karena kurangnya alat bantu dalam beribadah serta lingkungan yang kurang mendukung. Mereka sangat membutuhkan metode bimbingan agama untuk dapat meningkatkan motivasi beribadah pada penyandang tunanetra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kondisi motivasi beribadah pada penyandang tunanetra di Yayasan Raudlatul Makfufin (Taman Tunanetra) (2) Metode bimbingan agama dalam meningkatkan motivasi beribadah pada penyandang tunanetra.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observassi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui pengamatan dan triangulasi data. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan beberapa tahap dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kondisi motivasi beribadah penyandang tunanetra sebelum masuk ke Yayasan Raudlatul Makfufin (Taman Tunanetra) yang rendah. Ditandai dengan malasnya dalam melaksanakan sholat lima waktu dan belum mampu dalam membaca Al-Qur’an braille. Selanjutnya metode bimbingan agama dalam meningkatkan beribadah menggunakan metode kelompok dan metode individual. Dalam metode kelompok menggunakan metode ceramah, metode tanya jawab, dan metode talqin. Sedangkan metode individual digunakan untuk bimbingan pembinaan Al-Qur'an terhadap santri yang belum bisa membaca braille.dengan menggunakan materi bimbingan agama berupa pembinaan baca tulis Al-Qur’an braille.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode bimbingan agama; Motivasi beribadah; Penyandang tunanetra
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.37 Sermons and preaching
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 27 Dec 2021 03:28
Last Modified: 27 Dec 2021 03:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14903

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics