Implementasi fungsi planning dan organizing dalam pembinaan keagamaan jamaah pada Masjid Raya At-Taqwa Cirebon

Rina, Ade (2021) Implementasi fungsi planning dan organizing dalam pembinaan keagamaan jamaah pada Masjid Raya At-Taqwa Cirebon. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036008_ADE_RINA_Lengkap] Text (SKRIPSI_1701036008_ADE_RINA_Lengkap)
SKRIPSI_1701036008_ADE_RINA_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Ade Rina (1710103608), Penelitian ini berjudul “ Implementasi fungsi Planning dan Organizing dalam pembinaan Keagamaan Jamaah (Studi Pada masjid Raya At-taqwa Cirebon). Masjid merupakan tempat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, dan menjadikan suasana hati seseorang yang mendatanginya menjadi tentram dan tenang. Bukan hanya tempat ibadah sholat melainkan tempat menuntut ilmu seperti halaqah (ajang diskusi), BTQ, TPQ, bahkan menyolatkan jenazah. Oleh karena itu umat manusia sangatlah bergantung dan berhubungan dengan adanya Masjid, sejatinya masjid adalah tempat dimana umat manusia beribadah baik masih hidup hingga meninggal dunia umat manusia disholatkan di dalam Masjid. Maka dari itu umat manusia dengan Masjid saling berhubungan.
Rumusan Masalah dengan penelitian yaitu Apa saja pembinaan kegiatan Jamaah di Masjid Raya At- Taqwa Cirebon? , dan Bagaimana Implementasi fungsi Planning dan Organizing dalam pembinaan Keagamaan Jamaah pada Masjid Raya At- Taqwa Cirebon. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif yang menganalisis data berdasarkan Informasi- Informasi yang diperoleh dari hasil Observasi, wawancara, dan dokumentasi bersama Ketua Pengurus Harian yang dilakukan secara langsung di Masjid Raya At- Taqwa Cirebon.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen masjid raya at- taqwa cirebon dapat dilihat dari manajemennya sudah sangat efektif dan efisien. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai macam kegiatan yang berjalan sesuai dengan tujuan bersama, hal ini dikarenakan kematangan dalam mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan kegiatan dakwah yang dilaksanakan oleh masjid raya at- taqwa cirebon. Dilihat dari empat fungsi manajemen antara lain, yang pertama Planning (Perencanaan) yaitu merencanakan kegiatan dakwah, dengan mengadakan kegiatan keagamaan dan disetujui oleh semua pengurus masjid, yang kedua Organizing (Pengorganisasian) yaitu mengkoordinasi kegiatan seperti Sumber daya Manusia yang menjalankan kegiatan seperti Ketua pengurus Harian Masjid dan para anggota pengurus Masjid yang sudah memiliki wewenang dan tugas serta tanggung jawab masing- masing (Job Description), ketiga Actuating (Pelaksanaan) yaitu pelaksanaan kegiatan kegamaan yang dilaksanakan oleh pengurus masjid untuk menarik perhatian jamaah harus dilaksanakan sesuai tugas fungsi dan peran agar jamaah atau sumber daya manusia yang hadir sesuai dengan tujuan awal yang bertujuan untuk meningkatkan jamaah di Masjid raya at- taqwa. Agar yang telah direncanakan bersama secara musyawarah berjalan dengan lancar, yang keempat Controling (Pengawasan) yaitu dimana semua kegiatan kegamaan yang telah terstruktur dengan baik harus memerlukan pengawasan bukan hanya disaat melaksanakan kegiatan diperhatikan apa saja yang kurang maka dari itu perlunya pengontrolan dalam pembinaan Masjid.
Penerapan Fungsi Planning dan Organizing diterapkan oleh Ketua Pengurus Harian Masjid Raya At-Taqwa Cirebon, dalam Pembinaan Masjid pada kegiatan keagamaan untuk meningkatkan jamaah masjid yang beribadah di Masjid Raya At-Taqwa Cirebon.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; Planning; Organizing; Masjid
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Haidar Ainul Hakim
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:26
Last Modified: 23 Dec 2021 02:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14913

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics