Tinjauan hukum Islam terhadap bisnis content provider: studi kasus pada PT. Triple One Global Jakarta Barat

Fajriyah, Nur (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap bisnis content provider: studi kasus pada PT. Triple One Global Jakarta Barat. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702036150_Nur_Fajriyah] Text (SKRIPSI_1702036150_Nur_Fajriyah)
1702036150_Nur Fajriyah_SKRIPSI FULL - Fajriyah nur.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Di era digitalisasi ini bentuk jual beli sudah berkembang sangat luas, bukan hanya barang-barang yang menjadikebutuhan primer saja yang menjadi objek jual beli akan tetapi bentuk layanan atau konten yang bertujuan untuk menambah wawasan atau hiburan sudah dapat dinikmati dengan cara membelinya. jual beli adalah suatu perjanjian tukar menukar barang dengan barang atau uang dengan barang. Jual beli dapat dikatakan sah atau tidaknya tergantung dari terpenuhinya rukun dan syarat akad jual beli. Dimasyarakat sering kali terdapat jual beli yang dilakukan untuk memperoleh kemudahan tanpa mengetahui apakah jual beli yang dilakukan itu sudah sesuai dengan konsep hukum Islam atau bertentangan. Sebagaimana yang terjadipada praktik jual beli konten di PT. Triple One Global Jakarta Barat dengan melalui sistem SMS, UMB, Web dan Pop Up. Dalam realitasnya jual beli konten dengan melalui sistem SMS Premium sering mendapatkan ketidak sesuian isi konten yang diinginkan dalam mengakses link yang telah diberikan oleh content provider melalui operator seluler atau provider kepada User, dan tak jarang isi konten cenderung mengandung spekulasi dan ketidak jelasan bentuk dan mutunya. Melihat permasalahan tersebut, penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana proses jual beli pada bisnis content provider pada PT. Triple One Global Jakarta Barat. 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad jual beli pada bisnis content provider.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan praktek jual beli konten dengan sistem SMS Premium di PT. Triple One Global Jakarta Barat dan untuk mengetahui dasar hukum terhadap pelaksanaan jual beli konten dengan menggunakan sistem SMS Premiun di PT, Triple One Global Jakarta Barat.
Penelitian ini merupakan field research (penelitian lapangan) obyek penelitian User atau pelanggan seluler. Sumber data terdiri dari sumber data primer berupa data tentang proses jual beli konten dengan sistem SMS Premium dan juga UMB yang diperoleh dari karyawan dan juga manager PT. Triple One Global dengan melakukan wawancara, sumber data sekunder berupa data profil PT. Tiple One Global yang berhubungan dengan materi pokok yang dikaji dan juga dokumen yang telah didapatkan. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara manager dan pengguna layanan konten, dokumentasi. Analisis datanya menggunakan metode Analisa kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan jual beli konten dengan sistem SMS Premium di PT. Triple One Global dipandang tidak sah karena tidak sesuai dengan ketentuan hukum Islam, karena mengandung unsur gharar adanya ketidak jelasan kualitas dan jumlah tarif yang dibebankan kepada user dalam setiap konten yang diperjualbelikan, mendorong adanya spekulasi dan masuk dalam unsur penipuan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Hukum Islam; Jual beli; Konten; Content provider; Gharar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Ika Purwanti
Date Deposited: 23 Dec 2021 02:25
Last Modified: 23 Dec 2021 02:25
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14915

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics