Metode dakwah bil lisan Habib Muhammad bin Farid Al Mutohhar pada jamaah pengajian KARIM (Kajian Remaja Islam Mingguan) di Masjid Agung Jawa Tengah

Husen, Muhammad Sadam (2021) Metode dakwah bil lisan Habib Muhammad bin Farid Al Mutohhar pada jamaah pengajian KARIM (Kajian Remaja Islam Mingguan) di Masjid Agung Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036039_MUHAMMAD_SADAM_HUSEN] Text (SKRIPSI_1601036039_MUHAMMAD_SADAM_HUSEN)
REVISI SADAM - Sadam Husen.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Muhammad Sadam Husen (1601036039) dengan judul “Metode Dakwah Bil Lisan Habib Muhammad bin Farid Al Mutohhar Pada Jamaah Pengajian KARIM (Kajian Remaja Islam Mingguan) Di Masjid Agung Jawa Tengah ” merupakan upaya penulis untuk mengetahui bagaimana metode dakwah Bil Lisan Habib Muhammad bin Farid Al Mutohhar Pada Jamaah Pengajian KARIM (Kajian Remaja Islam Mingguan) Di Masjid Agung Jawa Tengah yang berfokus pada proses pelaksanaan dakwah Bil Lisan oleh Habib Muhammad bin Farid Al Mutohhar dalam meningkatkan pemahaman agama serta tanggapan Jamaah Pengajian KARIM (KBajian Remaja Islam Mingguan) Di Masjid Agung Jawa Tengah.
Beragamnya bentuk dan metode dalam menyampaikan ajaran agama Islam saat ini, melatar belakangi peneliti untuk melaksanakan penelitian yang bersifat kualitatif studi tokoh dengan penyajian naratif diskriptif. Peneliti melakukan penelitiannya dengan menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi yang diproleh di lapangan. Data yang digunakan merupakan data primer dan sekunder yang melalui tahaapan pengumpulan, reduksi, penyajian dan verifikasi sehingga dapat menghasilkan kesimpulan.
Pada penelitian ini menunjukan hasil bahwa Penerapan metode metode dakwah Bil Lisan Habib Muhammad bin Farid Al Mutohhar pada Jamaah Pengajian KARIM (Kajian Remaja Islam Mingguan) Di Masjid Agung Jawa Tengah secara umum sudah baik, karena penerapan gaya bahasa dalam penyampaian dakwah berdasarkan Al-Quran serta pengaplikasian prinsip-prinsip dalam dakwah bil lisan yang meliputi bil hikmah (dengan hikmah), bil mau’idzah hasanah (dengan pelajaran yang baik) dan mujaddalah (mendebat dengan baik).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode; Dakwah bil lisan; Efektivitas; Habib Muhammad bin Farid Al Mutohhar
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:51
Last Modified: 10 Jan 2022 07:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics