Pembinaan Kader Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) wilayah Kota Semarang dalam meningkatkan kemampuan berdakwah

Muzhoffar, Mohammad Fikri (2021) Pembinaan Kader Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) wilayah Kota Semarang dalam meningkatkan kemampuan berdakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_SKRIPSI_MOHAMMAD_FIKRI_MUZHOFFAR] Text (SKRIPSI_SKRIPSI_MOHAMMAD_FIKRI_MUZHOFFAR)
1601036067_Mohammad Fikri Muzhoffar_Lengkap Tugas Akhir - FIKRI GAMBUS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Forum Komunikasi Da’i Muda Indonesia (FKDMI) sebagai organisasi kader sekaligus pelopor gerakan Dakwah dengan segala potensi yang dimilikinya berkewajiban mewujudkan cita – cita masyarakat madani, khususnya pembinaan yang kontinyu kepada generasi muda muslim untuk dijadikan motivator dan penggerak sebagai bagian dari proses terwujudnya masyarakat madani. Salah satu cara yang dilakukan untuk memenuhi tuntunan profesionalisme ini adalah melaksanakan kegiatan pembinaan calon kader da’i, kegiatan ini dijadikan sebagai sarana pelatihan atau pembekalan yang memberikan wawasan yang luas tentang dakwah bagi para pengurus dan anggota sebagai calon kader da’i.
Dari konteks di atas timbul pertanyaan : Bagaimana bentuk pembinaan kader Forum Komunikasi Da’i Muda Indonesia (FKDMI) dalam meningkatkan kemampuan berdakwah, Metode apa yang digunakan Forum Komunikasi Da’i Muda Indonesia (FKDMI) dalam membina kader untuk meningkatkan kemampuan berdakwah, Hasil apa yang dicapai Forum Komunikasi Da’i Muda Indonesia dalam membina kader untuk meningkatkan kemampuan berdakwah.
Penelitian ini dilakukan dengan cara pendekatan kualitatif deskriptif. Dimana data yang didapatkan yakni, melalui beberapa sumber referensi bacaan, observasi, wawancara, analisis data. Dimana penulis meneliti dengan mengumpulkan data melalui observasi langsung kelapangan, kemudian melalui wawancara dan menganalisis hasil observasi dan juga wawancara.
Hasil penelitian menunjukan (1) Kategori pembinaan yaitu : pembinaan keterampilan, pembinaan keagamaan, dan pembinaan sosial (2) Metode yang digunakan pada pembinaan kader Forum Komunikasi Da’i Muda Indonesia (FKDMI) adalah metode diskusi, metode tanya jawab, metode seminar, metode ceramah Materi yang diberikan pada pembinaan kader adalah materi dakwah dan materi retorika dakwah . (3) Pembimbing dan pembina sebagai wadah atau sarana pembinaan calon kader da’i muda, di Wilayah Kota Semarang, mempersiapkan kader-kader dakwah, para pengurus mempunyai ilmu retorika dakwah untuk diterapkan dalam setiap dakwahnya, semua peserta dan anggota yang mengikuti pembinaan mempunyai pengetahuan yang luas, tentang berbagai macam ilmu, khususnya dalam bidang Ilmu Retorika dan Dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:56
Last Modified: 10 Jan 2022 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14950

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics