Implementasi fungsi actuating dakwah di panti asuhan Noor Hidayah Dempel Lor Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Semarang

Nur, Siti Nasriah (2021) Implementasi fungsi actuating dakwah di panti asuhan Noor Hidayah Dempel Lor Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036110._SITI_NASRIAH_NUR] Text (SKRIPSI_1601036110._SITI_NASRIAH_NUR)
1601036110_Siti Nasriah Nur_SKRIPSI FULL - NUR NASRIAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)

Abstract

Panti Asuhan Yatim Piatu dan Dhuafa Noor Hidayah Dempel Lor Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Semarang berdiri dengan tujuan untuk mengasuh, membimbing, mengarahkan, memberikan kasih sayang dan mencukupi kebutuhan dari anak-anak yang kurang mampu. Penelitian yang berjudul “Implementasi Fungsi Actuating Dakwah di Panti Asuhan Noor Hidayah Dempel Lor Muktiharjo Kidul Kecamatan Pedurungan Semarang”
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Fungsi Actuating Dakwah di Panti Asuhan Noor Hidayah. Penggerakan Dakwah merupakan inti dari pelaksanaan manajemen dakwah. Dalam penggerakan dakwah terdiri beberapa langkah-langkah berikut, yaitu: Pemberian Motivasi, Menjalin Hubungan, Penyelenggaraan Komunikasi.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini lebih menekankan analisis terhadap fenomena dan menjawab pertanyaan penelitian melalui cara berfikir formal. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokmentassi. Setelah data
terkumpul penulis menggunakan teknik analisa seperti Reduksi data, Penyajian data, serta teknik penarikan kesimpulan atau Verifikasi data untuk proses analisa data.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1: Implementasi Fungsi Actuating Dakwah di Panti Asuhan sudah berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaan kegiatan di Panti Asuhan Noor Hidayah para pengurus menerapkan langkah- langkah penggerakandakwah yaitu: Pemberian Motivasi, Menjalin Hubungan, menyeenggarakan komunikasi.2. Upaya Pengurus dalam meningkatkan kegiatan dakwah yaitu mulai dari Da’inya Bapak Mukhsin , Mad’u anak-anak asuh, Maddah yang di gunakan dalam kegiatan dakwah ini yaitu membaca Al-Qur’an, Tahlil, Dziba, dll, dan terakhir metode dakwah yang digunakan yaitu mauidzatul hasanah menyampaikan nasihat-nasihat atauajaran-ajaran Islam kepada anak-anak asuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi; Actuating dakwah; Panti asuhan Noor Hidayah; Dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 07 Jan 2022 03:05
Last Modified: 07 Jan 2022 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14961

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics