Strategi fundraising Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Semarang

Mahdalena, Camellia (2020) Strategi fundraising Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036127_CAMELLIA_MAHDALENA] Text (SKRIPSI_1701036127_CAMELLIA_MAHDALENA)
1701036127_Camellia Mahdalena_FULL SKRIPSI - CAMELLIA MAHDALENA UIN Walisongo Semarang.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah utama yang terjadi di negara-negara berkembang, termasuk Indonesia. Begitu juga dengan kabupaten Semarang. Meskipun tingkat kesejahteraan masyarakat tersebut cukup baik, tetapi terdapat juga beberapa masyarakat yang kurang mampu. Sehingga perlu adanya pemerataan perekonomian untuk mengurangi adanya kesenjangan.
Potensi zakat di daerah Kabupaten Semarang tergolong tinggi. Sebab, letak kabupaten Semarang yang strategis. Sehingga membuat Kabupaten Semarang memiliki tingkat kesejahteraan yang cukup baik. Meskipun demikian, adapun orang yang berzakat maupun berinfak belum menjangkau seluruh kalangan masyarakat Kabupaten Semarang. Terutama masyarakat kalangan menengah ke atas. Potensi zakat tersebut apabila dapat dikelola sebagaimana mestinya, tentu dapat meringankan keluarga lain yang berperekonomian menengah kebawah dan menghilangkan kesenjangan antar masyarakat. Maka, rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana strategi fundraising BAZNAS Kabupaten Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian lapangan yang dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi. Kemudian uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi.
Hasil dari penelitian yang penulis lakukan menunjukan bahwa strategi yang digunakan oleh BAZNAS Kabupaten Semarang yaitu: fundraising melalui UPZIS, Layanan Muzakki, dan Sosialisasi. Strategi yang diterapkan oleh BAZNAS kabupaten Semarang dalam melakukan kegiatan fundraising relevan dengan teori-teori fundraising. Meskipun demikian BAZNAS kabupaten Semarang belum menjangkau seluruh kalangan menengah keatas untuk memberikan dana dalam bentuk moril maupun materil, terutama perusahaan swasta yang ada di Kabupaten Semarang. Sehingga pemerolehan dana BAZNAS Kabupaten Semarang belum terkumpul secara maksimal. Pemerolehan dana terbesar saat ini yaitu dari pemotongan gaji secara langsung dari golongan ASN

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi; Fundraising; Zakat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 10 Jan 2022 07:54
Last Modified: 10 Jan 2022 07:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14992

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics