Implementasi fungsi actuating dakwah dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren An-Najah Desa Kayen Kecamatan Kayen Kabupaten Pati

Sari, Fani Puspita (2021) Implementasi fungsi actuating dakwah dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren An-Najah Desa Kayen Kecamatan Kayen Kabupaten Pati. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1601036094_FANI_PUSPITA_SARI] Text (SKRIPSI_1601036094_FANI_PUSPITA_SARI)
5_6246526883987457218-dikonversi - Fani Puspitasari.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Implementasi Fungsi Actuating Dakwah dalam Pembentukan Karakter Santri Di Pondok Pesantren An-Najah Kayen Pati disusun oleh Fanny Puspitasari, Mahasiswi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Jurusan Manajemen Dakwah dengan Dosen Pembimbing Deddy Susanto, S.Sos.I., M.S.I.
Keberadaan Pondok Pesantren An-Najah di Desa Kayen Kecamatan Kayen Kabupaten Pati memiliki nilai lebih karena selain menjadi tempat untuk belajar ilmu agama, Pondok Pesantren An-Najah Kayen Pati juga dijadikan tempat untuk membentuk karakter santri. Untuk mengetahui lebih lengkap mengenai proses penggerakan pembentukan karakter santri maka perlu dilakukan penelitian dengan fokus masalah: 1) Bagaimana kegiatan dakwah di Pondok Pesantren An-Najah dalam pembentukan karakter santri? 2) Bagaimana implementasi actuating dakwah dalam pembentukan karakter santri di Pondok Pesantren An-Najah Kayen Pati?
Data penelitian ini diperoleh melalui penggunaan metodologi penelitian lapangan di mana informasi yang berkaitan dengan data primer diperoleh langsung dari sumber data utama/primer. Tehnik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan data yang telah terkumpul dan tersusun dianalisa dengan menggunakan analisa kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kegiatan dakwah yang dilaksanakan di Pondok Pesantren An-Najah sangat memiliki kesesuaian dengan proses pembentukan karakter santri karena selain pada aspek pemikiran, kegiatan pondok juga dapat menguatkan hati sebagai pemeran utama dalam pembentukan karakter sebagaimana diungkapkan oleh Al-Ghazali. 2) Proses actuating telah memenuhi ketentuan fungsi actuating dalam manajemen dakwah. Bahkan proses tersebut tidak hanya terbatas pada aspek pimpinan dan bawahan secara structural tetapi juga dilakukan kepada bawahan non structural yakni seluruh santri yang tidak dilibatkan dalam structural pondok pesantren. Materi motivasi serta bimbingan dan pengarahan juga tidak sebatas pada aspek teori namun didukung dengan praktek berupa perilaku sehingga dapat menjadi penguat dalam proses perubahan cara berpikir yang merupakan landasan utama dalam karakter manusia. Selain itu, adanya penguatan hati terkait dengan keimanan kepada Allah juga akan semakin menjadikan santri berpeluang besar memiliki karakter diri yang bagus melalui penerapan fungsi actuating yang dilaksanakan oleh Kyai Achlis di Pondok Pesantren An-Najah Kayen Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Actuating; Dakwah; Karakter; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 10 Jan 2022 08:00
Last Modified: 10 Jan 2022 08:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/14999

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics