Manajemen pendistribusian zakat pada mustahiq di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Jawa Tengah

Azizi, Muhammad Fauzan (2021) Manajemen pendistribusian zakat pada mustahiq di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) perwakilan Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1701036086_MUHAMMAD_FAUZAN_AZIZI] Text (SKRIPSI_1701036086_MUHAMMAD_FAUZAN_AZIZI)
Full REVISI SKRIPSI FIX M. FAUZAN AZIZI 1701036086-dikonversi (1) - MuhammadFauzan Azizi(2).pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini ditulis oleh Muhammad Fauzan Azizi (1701036086) dengan judul “Manajemen Pendistribusian Zakat Pada Mustahiq di Lembaga Amil Zakat Nasional (LAZNAS) Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah”. Skripsi, Semarang, Program Strata (SI), Jurusan Manajemen Dakwah UIN Walisongo Semarang.
Peneliti melakukan penelitian di LAZNAS Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Kantor Perwakilan Jawa Tengah yang berlokasi di Jalan Puspowarno Raya No. 52 Bojongsalaman, Semarang Barat, Kota Semarang Jawa Tengah. Penelitian ini bermaksud untuk (1)Mengetahui Manajemen Pendistribusian Zakat Pada Mustahiq Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah. (2)Mengetahui Hasil dari Manajemen Pendistribusian Zakat Pada Mustahiq Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Jawa Tengah.
Skripsi ini membahas tentang Manajemen Pendistribusian Zakat pada Mustahiq Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) Perwakilan Jawa Tengah. Dalam pendistribusian biasanya bagaimana zakat tahun ini habis dan bisa dibagikan keseluruh mustahiq, dalam penelitian ini bagaimana Amil bisa mendistribusikan zakat dan mengembangannya serta menumbuhkan zakat tersebut, melalui perdagangan, melalui budidaya lele, melalui berkebun itu semua dilakukan untuk terciptanya pendistribusian yang efektif dan efesian pada zakat yag telah diberikan dari muzakki ke mustahiq.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang digunakan oleh peneliti adalah data primer dan data sekunder, yang kemudin dianalisis menggunakan model analisis kualitatif model Miles dan Huberman, yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa (1)Manajemen Pendistribusian Zakat Pada Mustahiq IZI Jawa Tengah (2) Bagaimana Hasil dari Manajemen Pendistribusian Zakat Pada Mustahiq IZI Jawa Tengah: Pertama, Perencanaan (Planning) yaitu Koordinasi dengan penerima manfaat dalam pendistribusian, Koordinasi dengan mitra IZI mengenai tempat dan siapa saja calon mustahik, Adanya relawan mencari calon mustahik, dan Merencanakan da’i. Kedua, Pengorganisasian (Organizing) yaitu Koordinasi dengan relawan pendampingan dan Koordinasi dengan mitra pendampingan. Ketiga, Penggerakan (Actuating) yaitu Launching program. Keempat, Pengawasan (Controlling) yaitu Pendampingan ekonomi dan pendampingan keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pendistribusian zakat; Mustahiq
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 10 Jan 2022 08:03
Last Modified: 10 Jan 2022 08:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15013

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics