Tinjauan hukum Islam terhadap restrukturisasi pembiayaan syirkah : studi kasus pembiayaan usaha mikro BMT Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama Kabupaten Tegal

In’am, Maulana Imtiyaz (2021) Tinjauan hukum Islam terhadap restrukturisasi pembiayaan syirkah : studi kasus pembiayaan usaha mikro BMT Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama Kabupaten Tegal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1702036124_MAULANA_IMTIYAZ_IN'AM] Text (SKRIPSI_1702036124_MAULANA_IMTIYAZ_IN'AM)
1702036124_Maulana Imtiyaz In_am_Lengkap Skripsi - Maulana_ At Tazza.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Pembiayaan yang diberikan pada usaha mikro, sebuah bentuk pelaksanaan visi misi KSPPS BMT Syirkah Muawanah Kabupaten Tegal, yaitu mengembangkan ekonomi umat dalam bentuk usaha mikro, kecil, dan menengah dengan berpegang pada prinsip syariah. Pelaksanaan penyelesaian pembiayaan bermasalah diselesaikan secara kekeluargaan, yaitu menggunakan restrukturisasi (rescheduling) pembiayaan, anggota mengajukan pembiayaan restrukturisasi yang dalam pembiayaannya dikategorikan kurang lancar atau macet.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseaech), dengan metode kualitatif yang digunakan pendekatan berdasarkan sumber data, sumber data berupa data primer didapat dengan wawancara bersama pihak KSPPS BMT Syirkah Muawanah Kabupaten Tegal, Maftuha Sholiha, SE (General Manager), Wahyuningsih (Kasir), Laeli Nur Ma’ani (Admin, Custumer Service). Dan data sekunder berasal dari bahan-bahasn kepustakaan yang berkaitan restruktisasi pembiayaan, berupa teknik analisa data yang menggunakan deskriptif normatif.
Kegiatan pengajuan pembiayaan apabila anggota telah dihubungi pihak BMT dan pemberian Surat Peringatan I, II, III, diterima oleh anggota setelah jatuh tempo pada perjanjian yang telah disepakati bersama. kegiatan restrukturisasi pembiayaan dijalankan. Karena penyitaan pada barang jaminan dihindari oleh pihak BMT guna menyelamatkan hubungan kekeluargaan yang sudah terjalin diantara keduanya. Akan tetapi, pemberian jangka waktu pemenuhan kewajiban yang diperpanjang tidak bersamaan dengan pengurangan pada jumlah pokok dan bagi hasil, sehingga dirasa keringanan yang diberikan oleh BMT kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan bermasalah; Restrukturisasi; Akad syirkah; Usaha mikro
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.7 Kredit, pembiayaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 05:38
Last Modified: 12 Feb 2022 05:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15061

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics