Efektivitas muhasabah untuk meningkatkan kontrol diri pada pemain game online siswa SMP Hasanuddin 6 Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang

Iqrobi, Essa Maulina (2020) Efektivitas muhasabah untuk meningkatkan kontrol diri pada pemain game online siswa SMP Hasanuddin 6 Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1504046010_ESSA_MAULINA_IQROBI] Text (SKRIPSI_1504046010_ESSA_MAULINA_IQROBI)
1504046010_Essa Maulina Iqrobi_Full Skripsi - Essa MI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Terbentuknya kontrol diri tidak lepas dari kesadaran diri yang tinggi atas kemampuan yang dimiliki berkembang seiring kematangan emosi. Proses pengontrolan diri ini menjelaskan bagaimana seseorang dapat mengendalikan perilakunya dalam menjalani kehidupan sesuai dengan kemampuan seseorang tersebut. Namun, ketika seseorang tidak dapat mengendalikan perilaku dalam menjalani kehidupannya, kemampuan kontrol dirinya akan rendah. Dengan hal tersebut, muhasabah adalah salah satu ajaran Islam yang dapat digunakan untuk membantu seseorang dalam menangani sebuah masalah. Setiap orang muslim dituntut untuk selalu melakukan muhasabah, yang artinya mengadakan perhitungan dan kritik atau evaluasi diri sendiri terhadap apa yang sudah terjadi, sebelum dan sedang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas muhasabah untuk meningkatkan kontrol diri pada pemain game online siswa SMP Hasanuddin 6 Tugurejo Kecamatan Tugu Kota Seamarang. Desain penelitian ini adalah eksperimen kasus tunggal (single case exsperimental design) dengan tipe A-B-A.Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner berupa skala kontrol diri, observasi, behavioral interview.Subjek penelitian ini adalah satu orang laki-laki dalam tahap perkembangan remaja awal yang memiliki kontrol diri rendah dalam bermain game online.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa muhasabah dapat meningkatkan kontrol diri pada pemain game online.Hal tersebut dapat dilihat dari pengukuran tingkat kondisi kontrol diri dari hasil kuesioner skala kontrol diri subjek. Subjek AM sebelum perlakuan skornya adalah 110 dan setelah perlakuan skornya adalah 131. Adanya perubahan perilaku, perubahan kognitif dan bisa mengambil keputusan yang baik menunjukkan bahwa subjek mampu meningkatkan kontrol diri menggunakan efektivitas muhasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Muhasabah: Kontrol diri; Game online
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 05:42
Last Modified: 12 Feb 2022 05:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics