Suluk Dzikrul Ghofilin dan pengaruhnya terhadap kecerdasan sosial : studi jamaah Dzikrul Ghofilin santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ponorogo

Husna, Rasyida Rifa’ati (2021) Suluk Dzikrul Ghofilin dan pengaruhnya terhadap kecerdasan sosial : studi jamaah Dzikrul Ghofilin santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of SKRIPSI_1804046041_RASYIDA_RIFA’ATI_HUSNA] Text (SKRIPSI_1804046041_RASYIDA_RIFA’ATI_HUSNA)
1804046041_Rasyida RIfaati Husna_Full_Skripsi - Rasyida R Husna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Suluk Dzikrul Ghofilin berpengaruh terhadap Kecerdasan sosial santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ponorogo. Penelitian ini menarik karena dalam konteks kehidupan masyarakat dewasa ini, konflik sosial yang terjadi sangat beragam, penelitian ini mencoba menggali solusi permasalahan sosial dari aspek kemampuan interpersonal individu, diwujudkan dari suluk dzikir yang memiliki esensi takhalli, tahalli, dan tajalli, serta berorientasi pada dimensi sosial kemasyarakatan, hidup toleran, dan harmonis dengan sesama.
Dengan menggunakan metode kuantitatif, data primer berupa kuesioner dan diukur dengan skala likert. Skala yang dipakai untuk menentukan kualitas Suluk Dzikrul Ghofilin yakni dengan pengembangan skala dari Kitab Iqodzul Himam karangan Ibnu Ajibah dan tingkat kecerdasan sosial diukur menggunakan pengembangan skala dari Anderson. Dalam penelitian ini, sampel diambil menggunakan metode purposive sampling, teknik tersebut adalah pengambilan sampel dimana anggota sampelnya dipilih karena diberikan peluang yang sama untuk tiap populasi (anggota). Untuk menganalisa data penelitian digunakan teknik analisis regresi linier sederhana yang dibantu program SPSS 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Suluk Dzikrul Ghofilin (X) berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan sosial (Y). Menurut data yang diperoleh secara statistik diketahui subjek pada variabel Suluk Dzikrul Ghofilin tidak ada pada kategori rendah atau sebesar 0%, 8 santri pada kategori sedang dengan presentase 26,7%, dan sebanyak 22 santri pada kategori tinggi dengan presentase 73,3%. Sedangkan perolehan data subjek pada variabel tingkat kecerdasan sosial diperoleh sebanyak 20 santri pada kategori tinggi dengan presentase 66,7%, 10 santri tergolong sedang dengan presentase 33,3%, dan tidak ada pada kategori rendah. Pengaruh Suluk Dzikrul Ghofilin terhadap kecerdasan sosial santri Pondok Pesantren Al-Ikhlas diperoleh t hitung 5,503 > t tabel 2,048 pada taraf signifikasi 5%. Suluk Dzikrul Ghofilin menyumbang sebesar 72,1% terhadap kecerdasan sosial santri di Pondok Pesantren Al-Ikhlas Ponorogo dan masih terdapat 27,9% dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Suluk; Dzikir; Kecerdasan sosial; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism > 297.45 Sufi ethics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Wati Rimayanti
Date Deposited: 12 Feb 2022 06:01
Last Modified: 12 Feb 2022 06:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/15075

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics